Pernah Pimpin Jakarta, Ahok Dinilai Cocok jadi Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Basuki Tjahja Purnama. Foto: MP/Kanu

Merahputih.com - Pengamat kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menilai Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai sosok tepat memimpin badan otoritas ibu kota negara baru.

"Ahok sosok tepat karena pengalaman memimpin Jakarta," ujar Trubus kepada Merahputih.com di Jakarta, Jumat (6/3).

Baca Juga:

Penunjukkan Ahok sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Baru Dianggap Picu Kegaduhan

Trubus menyebut, sosok Ahok yang tegas dan lugas dianggap mampu memecah kebuntuan yang ada seperti saat ia menjadi Gubernur DKI.

"Dengan karakter kepemimpinan pak Ahok yang transparan dan integritas dan moralitas baik dia tepat memimpin ibu kota baru," ucap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menghadiri pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta (MP//Asropih)

Trubus berpandangan, ibu kota baru tak saja persoalan fisik namun juga membutuhkan pengelolaan dana besar.

"Kalau pemimpinya bukan orang ahli maka jadi mangkrak sehingga harus orang yang tepat," sebut pengajar dari Universitas Trisakti ini.

Sebelumnya, Jokowi menyebut bahwa saat ini sudah ada empat calon Kepala Badan Otorita IKN yang baru. Keempatnya adalah Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga:

PA 212 Tolak Ahok jadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru

Ada juga Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP/Ahok) dan CEO PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyono, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Kandidatnya ada ya, yang namanya kandidat memang banyak. Pertama Pak Bambang Brodjo, kedua Pak Ahok, ketiga Pak Tumiyono, keempat Pak Azwar Anas," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3). (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH