Selebrita

Pernah Pacaran dengan Lelaki, Jason Mraz Blak-Blakan tentang Seksualitas

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 24 Juli 2018
Pernah Pacaran dengan Lelaki, Jason Mraz Blak-Blakan tentang Seksualitas
Jason Mraz menyebut dirinya 'two spirit'. (foto: Instagram@jason_mraz)

TAK mudah bagi setiap orang untuk terbuka dalam hal orientasi seksual. Terlebih bagi para pesohor yang jadi sorotan publik. Namun, penyanyi Jason Mraz memilih untuk blak-blak tentang seksualitas dan pengalamannya.

Dalam sebuah wawancara dengan Billboard, penyanyi berusia 41 tahun itu mengaku istrinya, Christina Carano, membantunya menemukan identitas seksual. Bahkan, Mraz tak ragu menyebut bahwa ia melakukan eksplorasi seksual meski telah menikah selama 3 tahun dengan Carano. "Aku pernah terlibat dengan pria, bahkan saat aku masih berkencan dengan istriku saat ini," ungkapnya.

Petualangan semacam itu menerbitkan pertanyaan di kepala Mraz. Pelantun I'm Yours itu penasaran apakah itu berarti ia seorang gay. Beruntung, sang istri punya penjelasan untuk eksplorasi seksual Mraz. "Ia menyebutnya 'two spirit' (dua jiwa). Istilahnya datang dari kaum pribumi Amerika untuk menyebut mereka yang mencintai perempuan dan laki-laki. Aku amat menyukainya," ujar Mraz.

Orientasi seksual Mraz memang sempat dipertanyakan. Terlebih saat Juni lalu ia menuliskan sebuah puisi dengan bait, I am bi your side. "Aku tak menyangka itu akan sangat kentara," ujarnya.

Istilah two spirit sendiri mulai dikenal di awal 1990 dalam sebuah konferensi kaum gay dan lesbian. Seperti dilansir New York Times, istilah itu digunakan sebagai payung penyebutan untuk mereka yang tak secara spesifik mendeskripsikan jenis kelamin ataupun orientasi seksual mereka.

brendon urie
Brendon Urie mengaku diri sebagai panseksual. (foto: Instagram @brendonurie)

Ini bukan kali pertama Mraz mengungkapkan hal-hal tentang kehidupan seksnya. Sebelumnya, di 2005, dalam wawancara dengan majalah Genre, ia mengatakan dirinya ialah seorang biseksual dengan pemikiran terbuka. "Aku memang belum pernah terlibat secara seksual dengan pria. Namun, jika suatu saat ada orang yang tepat, aku pasti melakukannya," ujar Mraz.

Meskipun demikian, Mraz berkawan dekat dengan beberapa pria gay. Mereka bahkan menghabiskan waktu bersama hampir setiap hari. "Butuh tiga bulan bagiku untuk menyadari bahwa kami berpacaran," ujarnya. Namun, hubungan itu enggak berlanjut saat Mraz pindah ke California. "Aku memberinya ciuman perpisahan yang paling berarti. Aku tak pernah merasakan hal seperti itu sebelumnya," beber penyanyi yang akan merilis album pertamanya setelah empat tahun, berjudul Know, pada 10 Agustus nanti.

janelle monae
Janelle Monae juga tegas menyatakan diri sebagai panseksual. (foto: Instagram @janelle monae)

Mraz bukan satu-satunya selebritas yang terbuka mengakui keterbukaan orientasi seksualnya. Sebelumnya, penyanyi Janelle Monae dan vokalis Panic at The Disco, Brendon Urie, mengaku sebagai panseksual. Urie bahkan blak-blak mengaku pernah bereksperimen dengan pria. Meskipun demikian, ia menyatakan dirinya bukanlah gay. "Jika aku harus mengklasifikasikan diriku, aku ini normal," ujarnya. Ia kini menikah dengan Sarah Orzechowski.

Istilah panseksual disematkan kepada mereka yang memiliki ketertarikan seksual ataupun romantik tanpa menghiraukan jenis kelamin. Bisa dikatakan, para panseksual buta akan jenis kelamin. Mereka tidak mendasarkan hubungan dari perbedaan atau kesamaan jenis kelamin.(dwi)

#Jason Mraz
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan