Pernah Muncul di Film Fiksi Lawas, 6 Hal Berikut Kini Sudah ada di Dunia Nyata Beberapa teknologi dari film jaman dulu yang sudah terealisasikan (Foto: Kwasi.com)

TIDAK semua film fiksi lawas menggambarkan beberapa hal yang mustahil terjadi untuk beberapa tahun kedepan. Ada beberapa diantara film-film yang prediksinya menjadi kenyataan. Lantas, film apa sajakah yang sempat memprediksi masa depan? Berikut daftar film yang prediksi atau penggambaran teknologinya benar-benar terjadi di kehidupan nyata saat ini.

1. Self - driving Car - Total Recall (1990)

Pernah Ada di Film Fiksi Lawas, 6 Hal Berikut Kini Sudah ada di Dunia Nyata
Johnny Cabs, mobil tanpa awak dari film Total Recall (Foto: TriStar Pictures)

Jika kita tonton lagi Total Recall versi awal di tahun sekarang ini. Maka, adegan yang memuat Johnny Cabs bersama dengan Arnold Schwarzenegger ini membuat kita seakan-akan melihatnya seperti fenomena mobil otonom atau self-driving yang hadir di era 80an.

Begitu juga dengan penemuan dari Tesla yang membuat fitur dimana mobil mampu mengemudi secara otomatis tanpa kita yang harus mengemudikannya.

2. Military Drone - The Terminator (1984)

Pernah Ada di Film Fiksi Lawas, 6 Hal Berikut Kini Sudah ada di Dunia Nyata
Inovasi teknologi militer dari film lawas Terminator (Orion: Pictures)

Dalam film Terminator, terdapat sebuah adegan dimana terdapat sebuah helikopter tanpa awak yang mampu berperang.

Film itu dibuat pada tahun 1984, namun 16 tahun kemudian Amerika Serikat membuat adegan tersebut menjadi kenyataan. Hanya saja kemampuan 'drone'nya yang berbeda.

Jika di The Terminator drone tersebut mampu menembak tanpa dikendalikan dengan memiliki kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Drone buatan Amerika Serikat hanya bisa digerakan oleh operator, bukan AI. Jadi tidak bisa menembak asal seperti yang ada di film.

3. Telepon Genggam - StarTrek (1966)

Pernah Muncul di Film Fiksi Lawas, 6 Hal Berikut Kini Sudah ada di Dunia Nyata
Caption

Prototipe yang dibuat pada tahun pembuatan film merupakan prototipe Motorola DynaTAC. Dimana bentuk ponsel tersebut bisa dilipat dan sangat kecil.

Curang bukan pada tahun 1966 sudah ada telepon genggam yang seperti itu? Sedangkan di era tahun 2000'an saja kita masih menggunakan telepon rumah yang tidak bisa dibawa kemana-mana.

Namun, prediksi dari film StarTrek ini benar-benar terjadi. Bahkan menjadi suatu inovasi yang tidak kunjung berhenti sama halnya dengan komputer.

4. Smart Homes - Demon Seed (1977)

Pernah Muncul di Film Fiksi Lawas, 6 Hal Berikut Kini Sudah ada di Dunia Nyata
Rumah pintar dari film Demon Seed era 1977 (Foto: MGM)

Film yang mulai mengenalkan Internet of Things dimana suatu saat akan ada inovasi yang disebabkan oleh internet. Maka prediksi dari film ini sangatlah akurat. Meskipun film ini bertemakan horror, tidak menutup kemungkinan untuk bisa membuat film yang mampu memprediksi masa depan.

Fitur-fitur canggih yang diinstalasikan kedalam rumah pada film tahun 1977 benar terjadi di era sekarang ini. Mulai dari rumah yang mampu membuka pintu dengan mengingat nada suara pemiliknya hingga listrik rumah yang mati jika tidak terdeteksi adanya penghuni.

5. Video Call - 2001: A Space Odyssey (1968)

Pernah Muncul di Film Fiksi Lawas, 6 Hal Berikut Kini Sudah ada di Dunia Nyata
lustrasi video call pada film lawas tahun 1968 (Foto: Youtube/Eagle Burger)

Meskipun pada awal tahun 2001 tidak ada karyawan di Microsoft yang membuat cetak biru kinerja video call. Prediksi adegan dari A Space Odyssey dimana Dr.Heywood menelepon keluarganya dengan sebuah telepon dalam bentuk video melalui luar angkasa.

Hal ini benar-benar direalisasikan pada awal 2003 hingga sekarang. Hanya saja antar ruang angkasanya saja yang berbeda.

Mungkin jika kecepatan internetnya sama dengan kantor NASA bisa saja kita melakukan video-call meski sedang berada di bulan sekalipun.

6. Earbuds - Fahrenheit 451 (1966)

Pernah Muncul di Film Fiksi Lawas, 6 Hal Berikut Kini Sudah ada di Dunia Nyata
Earbuds dari film Fahrenheit 451 (Foto: Universal Pictures)

Tidak ada yang menyangka jika adegan pada Fahrenheit 451 ini menginspirasi Apple iPod untuk merealisasikannya. Adegan dimana earbuds yang disebut seashells sebagai penggambaran alat yang ditempelkan ke kuping untuk berkomunikasi atau mendengarkan musik. Menjadi sebuah langkah awal untuk alat yang dibuat secara nyata dan digunakan di masa depan. (riq)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH