Pernah Lihat 'AM' dan 'FM 'di Radio? Ini Artinya Ada dua mode dalam siaran radio, AM dan FM. (foto: pixabay/splitshire)

DULU nih, saat radio masih punya knop utuk pencari gelombang, akan ada dua garis dengan label 'AM' dan 'FM'. Sekarang, tampilan radio sih sudah makin canggih. Kamu tinggal pencet untuk melakukan tuning atau pencarian siaran secara otomatis. Namun, tetap saja, ada pilihan 'AM' dan 'FM' di dalamnya.

Apa sih arti kedua kode itu?

BACA JUGA: Nostalgia Banget, Hit Boy Band ini Pernah Merajai Radio di 90-an

Istilah AM dan FM mengacu pada pembedaan cara radio menangkap sinyal. AM adalah singkatan dari amplitude modulation, sedangkan FM adalah frequency modulation.
Seperti namanya, hal tersebutlah yang akan dirubah saat mengirimkan sinyal suara. Pada mode AM, amplitudo atau tinggi rendahnya gelombang sinyal suara yang diubah. Sementara itu, pada FM frekuensinya atau banyaknya gelombang yang diubah-ubah.

gelombang radio
Mode AM dan FM punya perbedaan. (foto: Pixabay/Donna CR)

Perubahan sinyal suara itu nantinya mengikuti gelombang suara yang ingin dikirim. Radio kamu akan membedakan sinyal suara yang masuk, berdasarkan gelombang pembawa. Ssetelah membawa masuk sinyal tersebut, radio akan memisahkan gelombang pembawa dengan gelombang suara aslinya.

Gelombang pembawa setiap stasiun radio harus berbeda agar siaran tidak bertabrakan. Frekuensi (atau amplitudo) gelombang pembawa itu yang seringkali dijadikan identitas stasiun radio. Frekuensi itu jugalah yang membantu kamu mencari stasiun radio yang ingin didengar.

Meskipun sama-sama bisa mengantarkan sinyal suara, ada perbedaan mencolok antara AM dan FM.

Frekuensi dari sinyal AM lebih rendah daripada sinyal FM. Hal itu membuat sinyal AM dapat menjangkau tempat yang lebih jauh. Sinyal AM lebih tahan rintangan seperti tembok. Sayangnya, sinyal AM lebih rentan terkena serangan 'noise' atau suara statis.

Berbeda halnya dengan sinyal FM. Meski sinyal FM tidak dapat menjangkau jarak yang jauh, sinyalnya kuat terhadap serangan 'noise' dan bahkan cuaca buruk. Alhasil, suara yang dihasilkan FM pun terdengar lebih jernih. Hal itu membuat sinyal FM cocok untuk radio yang ingin fokus ke siaran musik, sedangkan AM cocok untuk radio-radio berita.

Inilah mengapa sinyal FM lebih umum digunakan jika dibandingkan dengan sinyal AM. Sudah jarang sekali radio yang menggunakan sinyal AM. Kamu pun juga pastinya lebih memilih FM untuk menyetel musik bukan?(sep)

BACA JUGA: Teknologi Digital Mematikan Radio?


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH