Pernah Jadi Anak Buah Ahok, Tsamara Amany Ingin Jadi Gubernur DKI Tsamara Amany Alatas. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Di usia yang relatif muda, Tsamara Amany Alatas memutuskan untuk langsung berkecimpung di dunia politik praktis. Langkah tersebut diawali dengan eksistensinya sebagai kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dalam wawancara khusus dengan wartawan merahputih.com Ponco Sulaksono di Bilangan Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (16/7), perempuan cantik yang akrab disapa Sammy ini mengungkapkan, dirinya ingin menjadi gubernur DKI.

"Karena Jakarta kota kelahiran, dan memang di Jakarta itu, aku merasa Jakarta sudah banyak memberikan banyak hal padaku. Jadi, aku mau memberikan banyak hal juga pada Jakarta," ujar mahasiswa semester VI Universitas Paramadian ini.

Pengalaman magang di kantor Gubernur DKI Jakarta selama empat bulan juga menjadi faktor pendorong lainnya. Sebab, dari situ dia telah mendapatkan pelajaran berharga untuk berkontribusi langsung kepada masyarakat.

"Dan dengan kekuasaan gubernur yang sekarang, yang ibu kota gitu ya kekuasaannya sangat besar, nah tinggal kekuasaannya mau dipakai buat apa, menyakiti rakyat kah atau melayani rakyat?" jelas Ketua DPP Bidang Eksternal PSI ini.

Karena usianya baru 21 tahun dan syarat menjadi kepala daerah paling muda 30 tahun, dirinya dipastikan tidak bisa berpartisipasi langsung sebagai kandidat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2022 mendatang.

Karenanya, Sammy bakal berkecimpung dahulu menjadi anggota DPR RI atau DPRD DKI pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Alasannya sederhana, yakni menambah pengalaman dan membuktikan kepada masyarakat bahwa dirinya memiliki rekam jejak yang membanggakan.

"Karena enggak mungkin masyarakat disajikan tokoh-tokoh yang enggak jelas rekam jejaknya," ungkap Co-founder LSM Perempuan Politik ini.

Untuk itu pula, Sammy memastikan dirinya bakal bekerja maksimal ketika menjadi wakil rakyat nantinya, baik saat kunjungan kerja (kunker), reses, maupun rapat-rapat di parlemen.

Dia juga bakal mempublikasikan secara luas kerja-kerja yang dilakukannya selama menjadi anggota dewan, sehingga konstituen bisa menilainya langsung.

"Dengan rekam jejak yang terbangun itu, 'oh dia sebagai anggota DPR bagus, gua kayaknya bisa deh percaya dia sebagai gubernur DKI,'" tutup Sammy. (Pon)

Baca juga hasil berita tentang Tsamara Amany dalam artikel: Tsamara Amany: Kaum Muda Harus Rebut Posisi Politisi Korup



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH