Pernah Ikut Olimpiade Sains Modal Vidi Aldiano Jadi Guru Vidi Aldiano suka mengajar biologi. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

VIDI Aldiano merupakan selebritas yang tak hanya peduli akan karier keartisannya, tetapi juga pendidikannya. Pada 2014, Vidi rela meninggalkan kariernya yang tengah berada di puncak popularitas demi menempuh pendidikan di Inggris. Ia bahkan berhasil lulus dengan predikat cumlaude untuk Jurusan Innovation Management and Entrepreneurship di University of Manchester.

Setelah pulang ke Indonesia, Vidi tak hanya kembali menjalani pekerjaan sebagai seorang penyanyi, tetapi juga guru. Sejak setahun terakhir, ia didapuk sebagai super teacher di platform belajar daring Quipper. Meskipun lulusan manajemen dan bisnis di universitas bergengsi Inggris, ia justru mengajar mata pelajaran biologi.

BACA JUGA: Belajar Lebih Fun lewat Tampilan Segar Platform Belajar Daring

Ia memilih mata pelajaran biologi bukan tanpa sebab. Vidi mengaku begitu menyukai pelajaran biologi. Kecintaannya akan biologi membawanya masuk sebagai anggota tim Olimpiade Biologi sejak SD hingga SMA. "Walaupun kuliah gua enggak ada hubungannya sama biologi, kecintaan gua sama Biologi masih banyak banget," ungkapnya saat ditemui di Djakarta Theater, beberapa waktu lalu.

Vidi mengungkapkan ketertarikannya akan biologi membuat ia sempat bercita-cita menjadi dokter. Namun, karena satu dan lain hal yang berhubungan dengan bisnis keluarga, ia akhirnya memutuskan untuk menempuh pendidikan manajemen dan bisnis.

vidi aldiano
Jadi super teacher di platform belajar daring. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

"Ilmu gua dari SD, SMP, dan SMA pun terpakai. Misalnya, gua aware dengan badan sendiri dan kesehatan gua. Lebih aware dengan lingkungan. Jadi enggak ada yang percuma lah," ujarnya. Selain menerapkan ilmu biologi di kehidupan sehari-hari, Vidi pun ingin membagikan ilmunya kepada masyarakat luas. Untuk itu, ia tertarik bergabung menjadi guru di Quipper.

Selain dokter, cita-cita terpendam Vidi lainnya ialah menjadi seorang dosen. Ia melontarkan keinginannya untuk menjadi seorang dosen jika tak lagi menjadi penyanyi. "Gua pengin punya kontribusi dalam dunia pendidikan entah itu dosen atau guru. Apa yang bisa gua lakukan sekarang, salah satunya jadi guru di Quipper. Ini small steps gua," urainya.

vidi aldiano
Bercita-cita jadi dosen. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Harus membagi waktu antara perannya sebagai penyanyi dan guru, Vidi mengaku tak merasa kesulitan. "Kita dikasih waktu 24 jam sama Tuhan. Kalau bisa memanfaatkan dengan baik, seharusnya enggak ada kata sulit sih," jelas Vidi.

Ketika ditanya siapa saja yang mengakses videonya yang mengajar biologi, Vidi berharap tak hanya pelajar perempuan yang tertarik. "Semoga enggak cuma cewek-cewek yang lihat video gua mengajar biologi, tetapi juga yang cowok. Jadi ilmu gua sampai ke semua orang," harapnya.(avia)

BACA JUGA: Makin Canggih, Google Map Kini Bisa Bantu Tuna Netra Keliling Kota

Kredit : iftinavia


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH