Pernah Dianggap Sangat Tabu, Sekarang 4 Hal Ini Sudah Jadi Lumrah Hal ini pernah dianggap sangat tabu. (Foto: Lifewire)

SEIRING dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan yang semakin merata, wawasan warga dunia menjadi semakin luas dan intelek. Hal ini tentu saja berdampak pada pola pikir serta pengubahan prinsip yang tidak apatis. Apalagi kehadiran internet semakin membuat setiap individu di berbagai belahan dunia untuk bisa berkomunikasi dan menambah pengetahuan lewat pengalaman-pengalaman yang dibagikan melalui media sosial.

Tidak selalu memberikan dampak buruk, dunia yang sudah semakin terhubung ini semakin lama membuat pemikiran orang semakin terbuka serta meningkatkan toleransi dari keberagaman identitas dan latar belakang budaya yang ada.

Baca juga:

5 Hal ini Sudah Jadi Sesuatu yang Umum Dilakukan oleh Para Perempuan

Perbedaan pola pikir yang semakin maju dan terbuka ini memungkinkan batasan-batasan yang terbentuk karena kebiasaan dan prinsip turun-temurun semakin memudar. Berikut hal-hal tabu yang saat ini telah dianggap lumrah bagi sebagian besar penduduk dunia.

1. Para perempuan duluan mengambil langkah dalam percintaan

Pernah Dianggap Sangat Tabu, Sekarang 4 Hal Ini Sudah Jadi Lumrah
Perempuan dan lelaki sama-sama bisa mengambil langkah duluan. (Foto: YourTango)

Seperti yang kita ketahui, sejak dulu memang perempuan diidentikan untuk menunggu para lelaki untuk bertindak ketika membahas tentang urusan percintaan. Mulai dari pendekatan, mengajak bertemu, sampai mengajak untuk berpacaran, biasanya lelaki yang memulai segalanya duluan. Para perempuan hanya bisa memberikan sinyal dan menunggu lelaki yang disukainya untuk bertindak duluan.

Di abad yang ke-21 ini, semua telah berubah. Gender yang semakin setara membuat para perempuan berani mengambil langkah duluan, bahkan untuk urusan pernikahan. Dilansir dari laman theknot, Britney Spears, Kristen Bell, dan Pink bahkan melakukan langkah besar seperti melamar pasangan mereka untuk diteruskan ke jenjang pernikahan.

Bagi para perempuan yang masih takut untuk maju dalam urusan percintaan, yuk utarakan perasaanmu karena tidak semua hal harus dimulai oleh laki-laki.

2. Harus menikah dan memiliki anak

Pernah Dianggap Sangat Tabu, Sekarang 4 Hal Ini Sudah Jadi Lumrah
Menikah bukanlah tujuan semua orang. (Foto: EVOKE.ie)

Ketika perkumpulan keluarga, pasti yang teringat dalam benakmu adalah keluarga yang sudah berumur yang akan menyudutkanmu dengan pertanyaan kapan menikah. Tidak heran, karena zaman dahulu, setiap orang rasanya memiliki pola kehidupan yaitu lahir, mendapatkan pekerjaan, menikah, memiliki anak, lalu meninggal.

Tidak bisa sepenuhnya disalahkan, namun sesungguhnya tidak semua orang memiliki tujuan yang sama dalam kehidupan mereka.

Baca juga:

Apa yang Dicari? Mapan dan Matang tapi Belum Menikah

Dewasa ini, telah cukup banyak orang yang sadar bahwa patokan life goals seseorang tidak terpaku hanya pada pernikahan dan memiliki anak. Bagi seseorang yang sangat suka bekerja dan menghasilkan uang, tidak jarang mereka menolak untuk terikat pada urusan pernikahan karena ingin fokus pada pencapaian hidup mereka sendiri.

Ada juga mereka yang ingin hidup santai dan fokus pada menikmati keindahan dunia dengan traveling sendirian sehingga adanya ikatan kasih dengan orang lain akan menghambat mobilitas mereka.

Berbagai alasan setiap individu ini tidak ada patokan salah atau benarnya, karena setiap orang memiliki perbedaan dalam hal apa yang membuat mereka bahagia dan puas akan kehidupan yang mereka miliki.

3. Menjadi single parent

Pernah Dianggap Sangat Tabu, Sekarang 4 Hal Ini Sudah Jadi Lumrah
Orangtua tunggal adalah hal yang sangat mandiri. (Foto: YourTango)

Menjadi orangtua tunggal menjadi hal yang tabu di zaman dahulu. Orangtua tunggal kerap kali dikonotasikan negatif. Telah melalui banyak hambatan yang tidak kita pahami, saat ini pola pikir orang terhadap orangtua tinggal telah berubah drastis.

Menjadi single mom atau single dad dianggap sebagai sosok teladan yang hebat dan mandiri. Mampu membesarkan, mendidik, serta mencari nafkah untuk anak-anaknya sendirian tentu bukanlah hal yang mudah, dan pastinya perjuangan mereka patut diapresiasikan dan juga diteladani banyak orangtua lainnya.

4. Kencan online

Pernah Dianggap Sangat Tabu, Sekarang 4 Hal Ini Sudah Jadi Lumrah
Apakah segalanya harus dimulai laki-laki dalam urusan percintaan? (Foto: YourTango)

Ketika internet mulai digunakan semua orang, rasanya berkenalan dengan orang baru lewat dunia maya merupakan hal yang paling ditakutkan oleh semua orangtua. Sebisa mungkin anak-anaknya dilarang mendapatkan teman dari internet karena asal-usulnya yang tidak jelas.

Dewasa ini, telah merajalela aplikasi online dating, dan memiliki aplikasi kencan online bukanlah sesuatu hal yang bisa mempermalukanmu.

Bahkan paling tidak pasti ada satu temanmu yang berhasil berpacaran atau bahkan menikah karena tinder atau aplikasi kencan online lainnya. Apakah kamu percaya bahwa jodohmu bisa saja kamu temukan lewat aplikasi online? (shn)

Baca juga:

Jawaban Pakar Tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Kencan Onilne



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH