Permudah Identifikasi, Pemkot Yogyakarta Bagikan Gelang Vaksinasi ke Warga

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 18 Agustus 2021
Permudah Identifikasi, Pemkot Yogyakarta Bagikan Gelang Vaksinasi ke Warga
Gelang vaksinasi warga Yogyakarta (Antaranews)

Merahputih.com - Pemerintah Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana membagikan gelang kepada warga yang sudah melakukan vaksinasi COVID-19.

Gelang dibuat untuk mempermudah identifikasi warga yang sudah melakukan vaksinasi. Akan ada dua warna gelang yang dibagikan.

“Gelang kuning untuk warga yang sudah menjalani vaksinasi dosis satu dan saat sudah menuntaskan vaksinasi dosis dua maka akan diberi gelang hijau,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Rabu (18/8).

Baca juga:

Gegayaan Anak Tongkrongan dari Motornya, Beat Modif Juaranya

Gelang vaksin ini didesain khusus agar tidak mudah rusak dan tidak bisa dipalsukan. Selain itu gelang diperuntukkan sekali pakai. Sehingga jika sudah dibuka tidak bisa dipakai kembali. Saat ini gelang dalam proses uji coba.

“Saya sudah pakai selama empat hari dan masih dalam kondisi baik meskipun terkena air saat mandi,” katanya.

Ilustrasi (Foto: Instagram/@yourwristbands)

Gelang tersebut rencananya akan diproduksi secara massal. Pemkot kemudian menyediakan gelang di sejumlah tempat strategis dan tempat umum lain seperti hotel, stasiun, terminal, dan tempat wisata. Warga tidak dipungut biaya untuk memiliki gelang tersebut.

Gelang vaksin akan mempermudah warga saat beraktivitas dan berwisata di Kota Yogyakarta. Pasalnya Pemkot telah mencanangkan Kota Yogyakarta wajib bermasker dan bervaksin untuk menekan kasus penyebaran COVID-19.

Nantinya warga yang hendak masuk ke lokasi wisata tidak perlu mengeluarkan kartu atau sertifikat vaksin.

Baca juga:

Suka Duka Kolektifan Seragam Tongkrongan di Negeri Aing

“Cukup menunjukkan gelang yang dipakai. Petugas jadi lebih mudah melihat mana yang sudah divaksin mana yang belum,” katanya.

Keberadaan gelang vaksinasi tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta yang ingin memastikan Yogyakarta menjadi kota wajib masker dan wajib vaksin. (Teresa Ika/Yogyakarta)

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #Vaksin Merah Putih #Harga Vaksin COVID-19
Bagikan
Bagikan