Permintaan Ridwan Kamil kepada Jokowi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap Presiden Joko Widodo lebih memperhatikan pembangunan di wilayahnya. Salah satunya soal pemekaran daerah.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan jika diperkenankan, daerah tingkat II di Jawa Barat dimekarkan.

Baca Juga

Pekerjaan Rumah Jokowi-Ma'ruf Versi Ridwan Kamil

"Kalau daerah tingkat II nya dimekarkan. Penduduknya terlalu banyak hampir 50 juta, kurang ke urus secara daerah yang cuma 27. Jawa timur aja penduduk 40 (juta), daerahnya 38. Makannya suka ada dinamika Bekasi pengen ini, Bogor pengen itu sebenarnya karena wilayahnya terlalu luas. Harapannya mudah-mudahan pak Jokowi bisa mengakomodir," kata Emil di Gedung MPR/DPR, Jakarta Pusat, Minggu (20/10).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: MP/Kanu
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: MP/Kanu

Mantan Wali Kota Bandung ini melanjutkan soal keadilan fiskal (pengeluaran dan pajak) di Jawa Barat, Jokowi juga diminta untuk lebih memberikan solusi.

Baca Juga

Pelantikan Selesai, Kini Saatnya Menagih Jokowi Lunasi Janji-Janji Kampanyenya Ini!

"Harusnya fiskal ke kami ini sesuai dengan jumlah penduduk. Kalo penduduknya besar, bantuan fiskalnya juga harusnya besar. Sekarang masih belum lah ya, hanya dua itulah kira-kira," ungkap Emil.

Jika Jawa Barat maju, maka daerah-daerah di tempat lain akan terdampak.

Baca Juga

Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Anies: Semoga Amanat Rakyat Ditunaikan dengan Baik

"Jabar 20 persennya Indonesia. Jadi kalo Jawa Baratnya bisa kondusif ya insya Allah menyumbangkan kondusifitas di Indonesia," pungkasnya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH