Permainan Ruang di Lahan Sempit Buat Rumah Ini Tampak Luas (MP/Rizki Fitrianto)

Memiliki lahan yang sempit memang membuat kita kebingungan untuk mengatur ruangan yang ada. Namun hal tersebut sepertinya tak masalah bagi Platform Architects.

Sebuah rumah milik seorang pengusaha di daerah Kabupaten Tangerang disulap sedemikian rupa hingga memaksimalkan ruangan yang ada.

Endang Sri Wahyuni, salah satu principal architects dari Platform Architects menjelaskan, ada beberapa permainan ruang untuk membuat rumah milik George Gani tersebut tampak lebih luas.

Ruang Keluarga dan Ruang Makan Bercampur Menjadi Satu

Ada yang menarik pada desain rumah George. Pasalnya, dinding pembatas antara ruang keluarga, ruang makan dan dapur bersih dihilangkan begitu saja. Hal tersebut membuat ruangan tampak lebih luas. Desain seperti itu juga menurut Endang membuat suasana keluarga menjadi lebih intim.

"Dari sisi layout, desain ini sanggup memakai banyak ruang tapi dengan feel enggak kecil," ucap Endang Sri Wahyuni kepada merahputih.com.

Selain ruangan tanpa sekat, rumah yang berlokasi di daerah Gading Serpong itu juga memanfaatkan efek kaca.

Hampir di sekeliling rumah kaca selalu menjadi pemandangan yang cukup mencolok. Terdapat pula cross ventilation, sehingga udara mengalir lebih sempurna meskipun terhimpit rumah lainnya di kiri dan kanan.

"Kalau jendela dibuka anginnya tuh lewat. Kalau diperhatiin semua udara mengalir, hujan pun masih turun di taman kering ini," ujarnya sambil menunjuk sebuah taman berbatu kerikir yang ada di pojok ruangan.

Menariknya, terdapat sebuah tembok yang menghalangi ruangan tersebut dengan tangga menuju lantai dua. Endang mengatakan, memang sengaja membuat penutup agar mata orang yang pertama kali masuk ke dalam rumah George langsung tertuju ke ruangan itu.

Permainan Plafon juga Tampak di Rumah Tersebut

Dari tampak luar, rumah itu memiliki penampilan yang agak minimalis bercampur dengan industrial. Di pojok kiri pada lantai dua terdapat sebuah ruangan yang di dalamnya ternyata adalah kamar mandi anak. Meski demikian, tak terlihat sama sekali bila ruangan tersebut adalah kamar mandi, karena dilapisi lempengan metal.

Selain bermain dengan dinding-dinding pada rumah tersebut, Platform Architects pun menyiasati ruangan dengan memainkan tinggi plafon. Permainan tinggi plafon pun membuat ruangan itu tampak lebih luas. Di ruangan tengah, plafon tampak menjulang ke atas, sedangkan menuju dapur plafon terlihat sangat pendek.

Guna menghilangkan kesan gelap karena sedikit cahaya yang masuk, Platform Architects memasang lampu di tempat-tempat penting seperti atas meja makan, dapur dan sofa. Tak ketinggalan lampu-lampu kecil ditaruh di beberapa anak tangga.

"Kalau diperhatiin semua ruangan yang kita buat semua punya bukaan, yang paling penting itu udara, cahaya dan view management," ujarnya.

Menjadi Resort Pribadi George dan Keluarga

Bukan hanya memaksimalkan ruang, sepertinya Platform Architects pun ahli dalam memainkan pemandangan di ruang sempit. Hal ini bisa terlihat dengan penggunaan furniture.

Di dalam rumah, kamu akan menemukan sebuah kolam ikan koi. Di depan dan kanan kolam tersebut lantainya dilapisi oleh kayu. Seakan melukiskan bila rumah tersebut adalah resort bagi keluarga kecil milik George.

Pemakaian warna-warna alami digunakan untuk meja makan dan beberapa furniture lainnya. Meski demikian kesan modern tampak terlihat pada dapur bersih milik George.

"Kita memang membuat rumah ini view-nya ke dalam," tuturnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani