Perlukah Menggunakan Face Shield? Penggunaan face shield untuk melindungi diri. (Foto: Unsplash/Engin Akyurt)

KELIHATANNYA memang agak ribet menggunakan face shield. Benda berbahan plastik bening yang menutupi dahi sampai dagu wajah kita ini nyatanya banyak digunakan orang di tengah pandemi.

Sekilas memang mirip helm. Tapi, face shield tidak hanya kamu gunakan untuk naik motor. Benda ini untuk digunakan di manapun demi aman dari virus Corona. Nah, bila dibandingkan dengan masker wajah, mana yang lebih aman untuk melindungi wajah kita dari virus tersebut?

Baca juga:

Biar Makin Aman dari COVID-19, Begini Cara Pakai Masker Bedah

Melansir The List, penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Asscociation membuktikan face shield mampu menjadi salah satu solusi pelindung yang efektif. Face Shield mudah dibersihkan dengan sabun dan air, atau dengan disinfektan. Berbeda dengan masker wajah yang memiliki batas minimal penggunaan. Face shield dapat digunakan berkali-kali.

Penggunaan masker wajah berguna untuk menutupi hidung dan mulut saja. (Foto: Pixabay/Engin Akyurt)

Banyak orang juga menggunakan masker wajah dan ditutup lagi dengan face shield ketika pergi berbelanja. Plastik ini menjadi salah satu perisai yang paling efektif karena mampu menangkal droplets.

Tidak hanya itu, faktor kenyamanan menjadi salah satu pilihan mengapa orang-orang menggunakannya. Untuk menemanimu melakukan kegiatan sehari-hari memakai face shield jauh lebih mudah dibandingkan dengan masker wajah biasanya. Seperti saat ingin minum dan saat berkeringat lebih mudah untuk dibersihkan.

Alat yang juga digunakan petugas rumah sakit ini memudahkan kita untuk bernapas dan tidak menyentuh kulit langsung yang menganggu. Serta mencegah tangan kita menyentuh langsung wajah, dibandingkan dengan masker wajah yang hanya menutup bagian hidung dan mulut saja.

Baca juga:

Louis Vuitton Produksi Masker Wajah untuk Lawan COVID-19

Namun, tidak cukup dengan face shield saja. Laman Health menjelaskan salah satu spesialis penyakit menular mengatakan penggunaan face shield juga harus disertai dengan masker wajah.

Sebaiknya penggunaan face shield tetap disertai masker wajah. (Foto: Unsplash/Engin Akyurt)

Face shield dijadikan sebagai pelindung ekstra untuk bagian wajah terutama mata kita bila sulit menjaga jarak dengan orang lain. Untuk perawat di rumah sakit juga penting menggunakan face shield sebagai salah satu alat pelindung diri atau APD. Partikel aerosol yang terlalu kecil menjadikan kita perlu untuk menggunakan pelindung ekstra pada wajah.

Jadi saran untuk kamu ketika harus melakukan kegiatan di luar rumah, gunakan masker wajah serta face shield. Kamu akan semakin aman dari COVID-19. (ren)

Baca juga:

Nike Menciptakan Alat Pelindung Muka dari Bahan-Bahan Sneaker


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH