Perlukah Membersihkan Kaki Saat Mandi? Jangan terlalu sering membersihkan kaki saat mandi (Foto: Pexels/Buenosia Carol)

MANDI berarti membersihkan seluruh tubuh kamu dari kotoran. Namun, agaknya banyak orang yang lupa dan kurang peduli saat membersihkan bagian kaki. Entah karena terlalu buru-buru atau malas menghabiskan waktu terlalu lama saat mandi.

Melansir Men's Health, sebuah survey pada Twitter menunjukkan masih ada beberapa orang yang enggak membersihkan kaki saat mandi. Dari 600.000 orang, 20% diantaranya mengaku enggak memperdulikan kebersihan kaki mereka saat mandi.

Lalu pertanyaannya, sebenarnya perlu enggak sih membersihkan kaki saat mandi? Menurut Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, membersihkan kaki enggak menjadi suatu keharusan saat mandi.

Sisa sabun yang mengalir dari bagian tubuh lain yang disabuni sudah cukup untuk membersihkan kaki saat mandi (Foto: Pexels/Tabitha Mort)

Dengan catatan, jika kaki kamu enggak terlalu kamu kotor. Namun, jika kaki terlihat kotor hingga terasa lengket. Zichner menganjurkan agar kamu membersihkan bagian kaki saat mandi.

"Kecuali jika kaki Anda terlihat kotor, Anda tidak perlu mencucinya secara langsung dengan pembersih," ujarnya kepada Women's Health pada tahun 2017. Tapi jika kaki enggak terlalu kotor, sisa sabun yang mengalir dari bagian tubuh lain sudah cukup untuk membersihkan kaki.

Baca juga:

Kesalahan Pria di Kamar Mandi yang Membuat Perempuan 'Ilfeel'

Terlalu sering membersihkan kaki saat mandi dapat menghilangkan minyak alami kaki (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Sebenarnya menurut Zichner, jia bagian kaki terlalu sering dibersihkan, justru enggak bagus untuk kaki kamu. Sebab minyak alami pada kaki bisa habis. "Mencuci terlalu banyak atau menggosok kaki secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami pada kulit," tambahnya.

Minyak alami pada kulit ini kata Zicher dapat bermanfaat untuk kulit kamu. Jika kamu kehabisan minyak tersebut, kulit kamu bisa mengalami peradangan. "Ini bisa menyebabkan gangguan dan peradangan pada kulit," imbuhnya.

Zichner juga mengatakan lebih aman membersihkan kaki dengan sisa busa sabun. Daripada harus digosok terus menerus menggunakan sabun. Bahkan dibilas dengan air bersih pun sudah cukup untuk membuat kaki kamu higienis saat mandi.

Jadi bagaimana menurut kamu sahabat Merah Putih, apakah kamu termasuk orang yang rajin membersihkan kaki saat mandi? (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH