Perluasan Ganjil Genap Cetak Rekor, 1 Juta Warga Beralih ke Transportasi Umum Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengklaim hari pertama pemberlakuan perluasan sistem ganjil genap di 25 ruas jalan Jakarta berdampak baik pada kenaikan pengguna kendaraan umum Ibu Kota.

Menurut dia, pemberlakuan perluasan gage merupakan rekor terbaik warga menggubakan moda transportasi umum. Data yang diterima pengguna kendaraan umum mendekati satu juta penumpang.

Baca Juga

Awas! Pelanggar Ganjil Genap Bisa Masuk Penjara

"Yang menggunakan TransJakarta itu 892 ribu per hari kemarin, artinya hampir 900 ribu orang menggunakan TransJakarta, ditambah dengan MRT berarti hampir 1 juta orang menggunakan kendaraan. Itu adalah sebuah rekor," kata Anies di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/9).

ganjil genap
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Foto: MP/Asropih

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengubah kebiasaan dari menggunakan mobil pribadi beralih ke transportasi massal.

Anies menuturkan, dengan beralihnya masyarakat ke transporasi umum maka kurangnya kemacetan di Ibu Kota tak terlihat.

Baca Juga

Hari Pertama, Pelanggar Ganjil Genap Hampir Sentuh Angka 1000

"Kemacetan berkurang itu karena orang-orang sukarela merasa terfasilisitasi dengan kendaraan umum. Bagian kami di pemerintah memastikan kendaraannya cukup, jangkauan luas, dan nyaman," jelas Anies.

sistem ganjil genap
Polisi menilang kendaraan mobil berplat genap yang melintas Jalan Tomang Raya Jakarta Barat, Senin (9/9/2019). (ANTARA News/DEVI NINDY)

Anies menyampaikan bahwa pihaknya telah berhasil mengubah kebiasaan masyarakat dari kebijakan yang telah diluncurkan guna mendorong warga untuk menaiki kendaraan umum.

Baca Juga

'Ngantor' Diperbantukan Awasi Ganjil-Genap

"Karena tujuaan dari kita mengadakan kebijakan-kebijakan ini adalah untuk mendorong banyak warga menggunakan kendaraan umum," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH