Perluas Jangkauan Bantuan, LBH-HKTI Kukuhkan 20 DPD dan DPC

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Rabu, 15 Desember 2021
Perluas Jangkauan Bantuan, LBH-HKTI Kukuhkan 20 DPD dan DPC
Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko datang menghadiri pengukuhan 20 DPD dan DPC, Rabu (15/12). (Dok: LBH-HKTI)

MerahPutih.com - Reforma Agraria menjadi sorotan serius di Indonesia. Konflik atau sengketa banyak yang belum kelar. Tak heran, Reforma Agraria menjadi program prioritas nasional. Melihat beragam kondisi masyarakat tani dan lahan di Tanah Air, Lembaga Bantuan Hukum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (LBH-HKTI) hadir.

Rabu (15/12), LBH-HKTI Pusat mengukuhkan 20 Dewan Pengurus Daerah Provinsi serta Cabang (DPD/DPC) masa kepengurusan 2021-2025, bertujuan agar dapat menjangkau penyelesaian masalah keagrariaan yang lebih luas. Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko didampingi Sekjen Mayjen TNI (Purn.) Bambang Budi Waluyo, memimpin langsung acara pengukuhan di Hotel JW Marriot, Jakarta.

Baca Juga:

LBH-HKTI Diharapkan Berkontribusi Besar Selesaikan Konflik Agraria

“Ini menjadi momentum sangat baik. Jadi, harapan masyarakat terlalu tinggi kepada pemerintah dan semua pihak, serta LBH-HKTI. Harapan masyarakat tinggi karena banyak persoalan yang dihadapi tentang konflik agraria,” kata Moeldoko.

Moeldoko juga mengingatkan LBH-HKTI dapat meringankan dan memenuhi harapan publik dalam persoalan sengketa agraria. "LBH-HKTI harus berposisi sebagai penjembatan agar jarak tidak terlalu besar. Kita harus bisa menjembatani kepentingan petani, masyarakat, dan pemegang otoritas. LBH-HKTI harus fokus kepada misinya membantu masyarakat,” imbuh sosok yang duduk sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) di Kabinet Joko Widodo (Jokowi) itu.

Baca Juga:

Atasi Krisis Pangan, Perempuan Tani HKTI Tanam Pohon Serentak se-Indonesia



Meski demikian, Moeldoko mengakui tak memungkiri bahwa persoalan agraria begitu luas dan tidak bisa diselesaikan secara tepat. Untuk itu, dia meminta seluruh anggota LBH-HKTI bekerja dengan hati menyelesaikan semua konflik agraria dengan penuh tanggung jawab.

“Jangan coba-coba menyalahgunakan untuk memeras atas nama apa pun yang negatif. Saya akan copot itu. Misi kita mulia, membantu masyarakat yang kesulitan, maka bekerjalah dengan hati dan sebuah niat yang baik pasti mendapatkan jalan yang terbaik,” papar dia.

LBH-HKTI
LBH-HKTI Pusat mengukuhkan 20 Dewan Pengurus Daerah Provinsi serta Cabang (DPD/DPC) masa kepengurusan 2021-2025 di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (15/12). Foto: Dok LBH-HKTI

“Jangan terlalu banyak memberikan janji kepada masyarakat, karena saya tidak ingin masyarakat kecewa. Konflik agraria ini panjang. Ada yang sudah puluhan tahun dan seterusnya. Selamat kepada LBH-HKTI, bekerja dengan hati, tanggung jawab penuh, niat baik membantu masyarakat, kita yakin akan ketemu jalannya. Yang tadinya persoalan sudah karatan, bisa terurai,” imbuh mantan Panglima TNI itu.

Berikut daftar 20 DPD dan DPC LBH-HKTI yang dikukuhkan hari ini:

  1. DPD LBH HKTI DKI Jakarta
  2. DPD LBH HKTI Bali
  3. DPD LBH HKTI Lampung
  4. DPD LBH HKTI Banten
  5. DPD LBH HKTI Sulawesi Tenggara
  6. DPD LBH HKTI Sumatera Utara
  7. DPD LBH HKTI Bangka Belitung
  8. DPD LBH HKTI Kalimantan Timur
  9. DPD LBH HKTI Jawa Timur
  10. DPD LBH HKTI Sumatera Barat
  11. DPD LBH HKTI Bengkulu
  12. DPC LBH HKTI Kab. Tangerang
  13. DPD LBH HKTI Sumatera Selatan
  14. DPD LBH HKTI Jawa Tengah
  15. DPD LBH HKTI Riau
  16. DPD LBH HKTI Jawa Barat
  17. DPC LBH HKTI Kota Tangerang
  18. DPC LBH HKTI Kota Cirebon
  19. DPC LBH HKTI Kota Serang
  20. DPD LBH HKTI Nusa Tenggara Barat

LBH-HKTI bertujuan memajukan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan produksi dan produktivitas pertanian serta peningkatan SDM petani dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang maju. Dewan Pengurus Pusat (DPP) LBH-HKTI sendiri menargetkan memiliki DPD di setiap provinsi pada 2025 mendatang. “Saya berharap kita semua menjadi keluarga besar dan saling memperjuangkan kepentingan masyarakat petani Indonesia,” tegas Ketua DPP LBH-HKTI, Apriansyah. (Knu)

Baca Juga:

SPI Dukung Keberlanjutan Reforma Agraria Jokowi

#Jenderal Moeldoko
Bagikan
Bagikan