Kesehatan Mental
Perlu Tahu nih, 5 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan Teh hijau memiliki berbagi manfaat bagi kesehatan jika rutin dikonsumsi. (foto pixabay appledeng)

KHASIAT teh hijau bagi kesehatan sudah dipercaya sejak dulu. Bahkan teh ini digadang-gadang sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia, dan diyakini dapat mencegah berbagi penyakit. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang diperoleh jika kamu rutin minum teh hijau. Tentunya tanpa tambahan gula.

Jepang dan Tiongkok sudah sejak dulu menggunakan teh hijau ini untuk pengobatan sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Teh ini berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis. Proses pembuatan teh ini juga lebih singkat ketimbang jenis teh lainnya. Akibatnya, kandungan nutrisi dan antioksidan dalam daun masih terjaga.

BACA JUGA:

Manfaat Teh Hijau untuk Detox, Fakta atau Hanya Mitos?

Seperti dilansir Alodokter, dalam setiap 100 gram teh hijau, terkandung beragam nutrisi, seperti 1 kkal energi, 0,2 gram protein, 1 miligram magnesium, 8 miligram kalium, dan 12 miligram kafein. Teh ini kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat melawan redikal bebas yang masuk ke tubuh.

Paparan radikal bebas yang berlebihan mengakibatkan rusaknya sel-sel tubuh sehingga mempercepat penuaan dan penyakit berbahaya seperti kanker. Terlebih jika kamu menkonsumsi secukupnya secara rutin, teh hijau dapat memberikan berbagi manfaat kesehatan.

1. Mencegah risiko penyakit jantung

teh hijau
Teh hijau dapat mencegah penyekit jantung dan stroke.(foto pexels freestock.prg)

Penyakit kardiovaskular, masuk kategori penyakit jantung dan stroke. Jenis penyakit itu merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Salah satu studi menemukan konsumsi teh hijau dapat menurunakn kolesterol secara total dan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, teh ini juga mengandung asam fenolik yang dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

2. Manghambat pertumbuhan sel kanker

tehhijau
Teh hijau dipercaya dapat menghambat pertumbuhan kanker. (foto unsplash Angiola Harry)

Senyawa lain yang terkandung dalam teh hijau, Polifenol. Kandungan ini merupakan salah satu antioksidan yang dipercaya dapat mengahambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, kanker kulit, kanker paru-paru, dan kanker lambung. Namun, efektivitas teh ini terhadap sel kanker tetap masih diperlukan penelitian lebih mendalam dan menyeluruh.

3. Mecegah penyakit diabetes

the hijau
Kandungan dalam teh hijau dipercaya dapat mencegah penyakit diabetes. (foto pexels PhotoMIX Company)

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kerja insulin serta mengurangi kadar gula dalam darah dalam tubuh, terutama bagi orang yang mengalami diabetes, teh ini lebih cocok dibanding teh jenis lain. Oleh karena itu, teh ini lebih aman dikonsumsi orang yang memiliki kandungan gula darah cukup tinggi.

4. Dapat menurunkan berat badan

teh hijau
Teh hujau meningkatkan metabolisme tubuh. (foto unsplash i yunmai)

Teh hijau juga cocok untuk orang yang sedang menjalani program menurunkan berat badan atau diet. Sebuah uji klinis menyebutkan teh ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, terutama lemak yang terletal di area perut. Namun, manfaat yang satu ini tidak berlaku pada orang dewasa yang sedang mengalami obesitas.

Dalam menurunkan berat badan atau diet, membakar lemak menjadi tujuan utama. Dalam prosesnya memecah sel lemak untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah. Untuk memicu proses ini, kamu bisa dapatkan dari minum teh hijau sebab, teh ini mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein.

5. Dapat menstabilkan tekanan darah

teh hijau
Dipercaya bisa melemaskan otot-otot di pembuluh darah.(foto pixabay geraldoswald62)

Selain itu, kandungan dalam teh hijau dapat mentabilkan tekanan darah. Teh hijau dipercaya dapat melemaskan otot-otot di pembuluh darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan polifenol juga bermanfaat menstabilkan tekanan darah.

Selain lima manfaat yang disebutkan, teh hijau juga dipercaya dapat memperbaiki kerusakan kulit, mengurangi gejala rheumatoid arthritis, menjaga kesehatan orak, dam mengurangi kecemasan. Namun manfaat ini perlu kajian lebih mendalam untuk membuktikan sebara efektif teh ini bagi kesehatan secara luas lagi.

Manfaat teh hijau dapat dirasakan khasiatnya secara maksimal, jika kamu konsumsi teh ini secara terarut dan tidak berlebihan. Ditambah untuk tetap menjaga tubuh tetap sehat juga jangan lupa terapkan poa hidup sehat, seperti makanan bernutrisi, istirahat yang cukup, dan di selingi olahraga yang dilakukan masing-masing secara rutin.(rzk)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kimberly dan Juri Pamer Kemampuan di Street Fighter 6
Fun
Kimberly dan Juri Pamer Kemampuan di Street Fighter 6

Tampil lebih memukau dengan efek grafitti.

Paguyuban Pasundan Kemasan Sunda Boedi Oetomo
Fun
Paguyuban Pasundan Kemasan Sunda Boedi Oetomo

Paguyuban Pasundan didirikan atas inisiatif para siswa Sunda STOVIA.

Chip Intel Generasi ke-12 Diklaim Lebih Cepat dari M1 Max Apple
Fun
Chip Intel Generasi ke-12 Diklaim Lebih Cepat dari M1 Max Apple

Bahkan Intel mengklaim chip terbarunya sebagai yang tercepat di dunia.

Jangan Asal Ucap Mantra di 'Jailangkung: Sandekala'
ShowBiz
Jangan Asal Ucap Mantra di 'Jailangkung: Sandekala'

'Jailangkung: Sandekala' tayang 22 September 2022.

Menilai Seberapa Penting Aktor Muda Perankan James Bond
ShowBiz
Menilai Seberapa Penting Aktor Muda Perankan James Bond

Casting untuk memernakan James Bond sangat ketat.

Mengapa Hubungan Anjing dan Manusia Begitu Dekat?
Hiburan & Gaya Hidup
Mengapa Hubungan Anjing dan Manusia Begitu Dekat?

Anjing dan manusia sama-sama punya hormon oksitosin.

Pilihan Makanan dan Minuman saat Musim Hujan
Fun
Pilihan Makanan dan Minuman saat Musim Hujan

Musim hujan paling nikmat menyantap makanan dan minuman hangat.

PAP dan Video dari Google Buat Menipu Teman
Fun
PAP dan Video dari Google Buat Menipu Teman

Akal-Akalan PAP dari Google terkadang selalu ampuh.

Pemuda Taekwondoin Maluku Berjuang di PON XX Papua 2021
Fun
Pemuda Taekwondoin Maluku Berjuang di PON XX Papua 2021

Ia seorang diri mewakili Maluku pada Pon XX Papua 2021 di cabang olahraga Taekwondo.

MotoGP akan Mengaspal di Sirkuit Sokol Kazakhstan Mulai 2023
Olahraga
MotoGP akan Mengaspal di Sirkuit Sokol Kazakhstan Mulai 2023

Kazakhstan akan jadi tuan rumah baru bagi gelaran balap motor kelas dunia MotoGP.