Perlu Diwaspadai, Ini 5 Tanda Seseorang Terkena Tumor Otak Tumor otak salah satu jenis tumor yang paling serius. (Foto: Medical News Today)

KONDISI kesehatan yang satu ini tidak boleh dianggap remeh. Munculnya tumor di otak berasal dari jaringan otak itu sendiri, atau juga bisa berasal dari kanker organ lain yang menyebar ke otak. Beberapa faktor penyebab tumor otak diantaranya adalah usia, keturunan, dan mereka yang pernah menjalani radioterapi.

Oleh karenanya, risiko tumor otak akan semakin membahayakan jika tidak segera ditangani. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut tanda-tanda seseorang terkena tumor otak.

Baca juga:

Mencegah Kanker Kolorektar dengan Makanan Sehat

1. Sering merasa sakit kepala atau pusing

Perlu Diwaspadai, Ini 5 Tanda Seseorang Terkena Tumor Otak
Waspada jika seseorang sering mengalami pusing yang terlalu parah. (Foto: Pixabay/geralt)

Sakit kepala memang sering dialami setiap orang dan tidak banyak juga yang menyepelakan sakit kepala. Ya, karena hal tersebut sangat umum terjadi.

Tapi, jika rasa sakit tersebut sering terjadi dan terlalu parah, bisa jadi itu adalah tanda awal seseorang terkena tumor otak. Akan semakin parah jika sakit kepala disertai dengan kejang-kejang dan muntah berwarna kehijauan.

Gangguan ini biasanya terjadi ketika seseorang bangun di pagi hari. Gejala ini bisa menjadi stadium awal seseorang terkena tumor otak.

2. Pandangan kabur

Perlu Diwaspadai, Ini 5 Tanda Seseorang Terkena Tumor Otak
Pandangan kabur disebabkan karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal di otak. (Foto: Eye Doctors in Mount Vernon)

Tumor otak terjadi karena tumbuhnya sel-sel pada bagian sekitar otak secara abnormal. Salah satunya adalah tumor di lobus oksipital dan lobus temporal di otak besar.

Maka, tak heran jika seseorang yang terkenda tumor otak akan sulit melihat. Hal tersebut dapat berpengaruh pada syaraf mata akibat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Penglihatan akan semakin menurun seiring berkembanganya sel tumor tersebut.

3. Perubahan pada kepribadian atau ingatan

Perlu Diwaspadai, Ini 5 Tanda Seseorang Terkena Tumor Otak
Memori semakin hari akan semakin menurun. (Foto: Pixabay/JerzyGorecki)

Sudah sangat jelas ketika tumor otak menyerang maka perlahan memori yang disimpan akan menurun. Selain itu, seseorang akan sulit berkonsentrasi setiap hal yang dilakukannya. Ini disebabkan karena tumor yang menggerogoti syarak otak akan mengganggu jalan pikir seseorang.

Baca juga:

Sering Dianggap Sama, Tumor dan Kanker Ternyata Berbeda

4. Sulit berbicara

Perlu Diwaspadai, Ini 5 Tanda Seseorang Terkena Tumor Otak
Disebabkan karena area Wernicke dan Bronca terserang. (Foto: Pixabay/Pezibear)

Otak memiliki dua pusat bicara, yakni area Wernicke yang terletak di sisi kiri. Area ini memungkinkan kita untuk mengerti dan memahami ucapan. Sedangkan area Bronca yang terletak di sisi kanan mengaktifkan otot yang menciptakan suara. Ketika tumor otak menyerang, kedua area tersebut seringkali terhambat.

5. Kehilangan keseimbangan

Perlu Diwaspadai, Ini 5 Tanda Seseorang Terkena Tumor Otak
Hilangnya keseimbangan merupakan salah satu gejala silent multiple sclerosis. (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Jika seseorang merasa sulit berjalan, terutama saat keadaan gelap, ini bisa menjadi tanda awal yang dapat menyebabkan tumor di otak kecil, area otak yang bertanggung jawab untuk keseimbangan dan koordinasi tubuh. Hilangnya keseimbangan merupakan salah satu gejala silent multiple sclerosis. (And)

Baca juga:

AI Google Bisa Deteksi Kanker Payudara Lebih Akurat dari Dokter



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH