Perlombaan ke Luar Angkasa Dimulai, Adidas Melesat bersama ISS Adidas melakukan ekplorasi ke angkasa luar untuk pengembangan.(Foto: aiobot.com)

BRAND sepatu dan sportwear Adidas menjangkau jauh ke luar Bumi untuk sebuah inovasi paling mendasar dan berpengaruh. Perusahaan asal Jerman itu baru saja meluncurkan kemitraan multitahunan dengan Laboratorium Nasional Amerika Serikat pada Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS). "Kerja sama ini didasari kesamaan fokus pada inovasi antara Adidas dan Laboratorium Nasional Amerika Serikat pada ISS. Kami berbagi dedikasi untuk sebuah kreasi berdasar sumber yang terbuka," jelas Wakil Presiden Strategi Brand Global Adidas James Carnes, seperti dilansir CNN.

Kerja sama unik ini berawal dari obrolan yang kemudian berujung pada memaksimalkan kondisi unik lab, seperti misalnya gravitasi mikro, untuk riset produk. Hal itu, menurut Carnes, amat terkait dengan latar belakang Adidas dalam mendukung performa atlet.

BACA JUGA: Adidas Mengeluarkan Sepatu 'Lightsaber'

Fase pertama kerja sama itu telah dimulai awal tahun ini. Fokus fase pertama ini ialah mengetes produk dalam kondisi gravitasi mikro. NASA menyebut kondisi tersebut adalah ketika orang atau objek terlihat tanpa beban. Dalam percobaan itu, Adidas mengirimkan bola sepak ke ISS lewat sebuah misi kargo. Eksperimen itu bertujuan memahami karakteristik peluncuran di luar Bumi. "Kondisi unik angkasa luar memberikan lingkungan ideal untuk menemukan hal-hal yang tak diketahui," ujar Wakil Presiden Program dan Kerja Sama Laboratorium Nasional Amerika Serikat Christine Kretz kepada CNN.

Kretz mencontohkan gravitasi mikro merupakan satu-satunya kondisi saat kita bisa mengobservasi eksperimen spesifik, seperti perputaran bola sepak tanpa menginterupsi arus udara dan dukungan lingkungan sekitar membuatnya bertahan di satu tempat. "Kemampuan mengontrol variabel tertentu memungkinkan kami melaksanakan tes dan menghasilkan sudut pandang yang tak mungkin didapat di Bumi," imbuhnya.

Tanpa adanya gravitasi yang memengaruhi bentuk dan jalur luncuran bola demikian juga resistensi udara yang memengaruhi perputaran bola, para peneliti bisa berkonsentrasi mengetes variabel lainnya. Nantinya, Adidas bisa menerapkan apa yang mereka pelajari dari tes tersebut ke dalam desain panel bola, permukaan, dan tekstur hingga material untuk membuat bola di masa depan.


Jadi yang Pertama

boost adidas
Teknologi Adidas Boost akan diuji di angkasa luar. (foto: Youtube/jacques slade)

Adidas menjadi brand pertama yang melakukan riset pengembangan produk di luar angkasa. Untuk saat ini, Carnes mengatakan pihaknya tengah memproses hasil tes terhadap bola sepak tersebut. Ia menyebut Adidas sudah merencanakan tes berbeda untuk produk lain mereka.

Setelah bola sepak, Adidas akan mengetes sepatu mereka di angkasa luar. Direncanakan, Adidas mengetes teknologi Boost milik mereka. Teknologi itu merupakan busa yang digunakan brand itu sebagai pelapis pada sepatu paling nyaman dan populer milik mereka. Teknologi itu nantinya akan dites di kondisi tanpa gangguan gravitasi. Hal itu mungkin akan memengaruhi performa dan kenyamanan.

Di saat bersama, Adidas berharap eksperimen itu akan menuntun mereka pada inovasi produk. "Di luar atmosfer Bumi, kondisi ekstrem gravitasi mikro dan temperatur memungkinkan tes eksplorasi yang hanya bisa dilakukan di angkasa luar," ujar Carnes.

adidas
Pada fase awal, bola Adidas dikirim ke angkasa luar. (foto: Instagram @adidas)

Hal itu, kata Carnes, akan muncul dalam teknologi dan proses inovasi dalam membuat sneakers, kemajuan dalam pakaian olahraga, seperti kompresi bahan, pengaturan untuk temperatur ekstrem pada alas kaki dan pakaian olahraga. "Ini juga bisa menjadi pionir dalam material berkelanjutan," imbuhnya.

Untuk rencana tes tersebut, Adidas menjadwalkannya pada awal tahun depan. Para astronaut akan bereksperimen untuk mengetes kemungkinan memproduksi midsole Boost dengan ukuran partikel yang berbeda. Adidas menduga hal itu secara teori mengoptimalkan performa dan kenyamanan. "Laboratorium yang mengorbit dengan lingkungan layaknya angkasa luar bisa memberikan perubahan mendasar pada segala disiplin sains," ujar Kretz.


Mendorong Batasan Baru Performa Manusia


Rangkaian tes dan eksperimen itu merupakan usaha Adidas untuk mendorong batasan baru dalam performa manusia. "Hal yang amat menarik dalam kolaborasi ini ialah target Adidas untuk teknologi Boost. Apa yang nantinya mereka pelajari bisa berimpak pada lini produk perushaan di masa mendatang. Hal itu amat berpotensi bermanfaat bagi para atlet di seluruh dunia," jelas Kretz.

Dalam jangka panjang, Adidas bahkan berencana meriset performa dan daya tahan tubuh manusia lewat pelatihan ketat yang diterapkan bagi para astronauts. Seperti diketahui, sebelum bisa terbang dalam misi angkasa luar, para astronauts wajib mengikuti pelatihan berat dalam kondisi keras angkasa luar. Latihan itulah yang menarik perhatian Adidas untuk mempelajari kondisi yang dibutuhkan untuk perjalanan angkasa luar.

Perusahaan yang berfokus pada performa manusia, terutama atlet, itu juga berencana mengeksplorasi rentang gerak dan bagaimana otot manusia bereaksi di kondisi tanpa gravitasi. "Hal ini akan memengaruhi bagaimana kami mendesain pakaian dan perlengkapan olahraga, semisal untuk kepentingan peningkatan performa otot dan pemulihannya," jelas Carnes.

Selain itu, Adidas juga amat tertarik dengan fakta bahwa makin banyak perempuan astronaut yang terbang ke angkasa luar. Hal itu amat mungkin akan menuntun mereka pada ekplorasi berimbang pada gerak biomekanis pada perempuan dan laki-laki. Adidas berharap bisa menggunakan informasi berharga yang didapat untuk membantu atlet untuk bersiap, tampil, dan pulih lebih baik. "Di perusahaan ini, kami yakin bahwa lewat olahraga, kami punya kekuatan untuk mengubah hidup. Itulah mengapa kami berkembang dan belajar untuk membuat olahraga bisa diakses semua orang. Di mana pun umat manusia berada. Di Bumi, angkasa luar, atau bahkan lebih jauh daripada itu," tutup Carnes. (dwi)

BACA JUGA: 'Goks!' Ini Dia 3 Sneakers Terbaru dari Adidas yang Kece Parah

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH