Perlengkapan yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Berwisata Safari Ke Afrika Banyak perlengkapan yang perlu kamu persiapkan (Foto: Pexels/Oleg Magni)

AFRIKA terkenal dengan alam liarnya. Meskipun begitu, tidak jarang banyak turis yang penasaran melancong ke Afrika. Ya, sasaran mereka ialah menikmati alam bebas yang dipenuhi dengan populasi hewan liar.

Kedengarannya memang agak berbahaya. Tapi kamu enggak perlu khawatir. Ada pemandu berpengalaman kok yang siap menemani kamu ketika berwisata safari ke Afrika. Yang perlu kamu pikirkan sekarang ialah perlengkapan yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat.

Baca juga:

Taman Nasional Baluran, Eksotisme Afrika di Jawa Timur

Masalahnya alam liar di Afrika sangat menantang. Belum lagi cuaca di sana panas banget. Jangan sampai kamu salah bawa perlengkapan. Yang ada bukannya menikmati. Tapi kamu malah risih ketika berada di Afrika.

Nah, perlengkapan apa saja yang perlu kamu persiapkan? Berikut saran yang bisa kamu ikuti dari laman Smarter Travel.

1. Pakaian

Meski panas, ketika di malam hari cuaca di Afrika sangat dingin (Foto: Pexels/Guduru Ajay Bhargav)

Jaket: Di Afrika memang panas. Tapi jangan tanya cuacanya ketika hujan atau di pagi hari: dingin banget! Oleh karena itu, agaknya jaket benar-benar harus kamu persiapkan.

Kaus lengan pendek: Tidak perlu mengenakan kaus lengan panjang. Kenakan kaus lengan pendek supaya kamu enggak kegerahan dengan panasnya cuaca di Afrika.

Syal: Kamu memang tidak lagi berada d Eropa. Fungsi syal kali ini untuk melindungi wajah kamu dari debu yangtentunya akan selalu kamu hadapi selama berada di Afrika.

Celana ringan: Gunakan celana berbahan solar shield untuk melindungi kaki kamu dari sinar matahari.

Celana pendek: Kamu akan kegerahan kalau selalu mengenakan celana panjang di Afrika. Celana pendek akan membuat kamu merasa nyaman.

2. Aksesori

Kacamata hitam akan melindungi mata kamu dari terik matahari di Afrika (Foto: Pexels/lalesh aldarwish)

Topi: Penting sekali kamu memakai topi. Karena cuacanya sangat panas di sana. Tapi jangan pakai topi snapback ya. Paling cocok gunakan topi koboi atau bundar yang akan melindungi seluruh kepala kamu

Kacamata: Sinar matahari di Afrika amat menyilaukan. Lindungi mata kamu dengan kacamata hitam. Kacamata hitam juga akan melindungi kamu dari debu. Sehingga kamu bisa memandang nuansa alam Afrika dengan baik.

Ransel kecil: Jangan sepelekan ransel kecil. Kamu bisa membawa segala kebutuhan kamu di ransel kecil ini. Mulai dari kamera, hingga tabir surya sekalipun.

Baca juga:

Berwisata 'Lion King' di Kenya dan Tanzania

3. Aksesori kamera

Kamu akan mendapatkan hasil foto bagus menggunakan lensa tele (Foto: Pexels/Pixabay)

Lensa tele: Percuma jika kamu tidak membawa lensa tele. Kamu tidak akan bisa mendapatkan hasil foto satwa liar dengan sempurna. Lagipula kamu tidak akan bisa terlalu mendekat jika bertemu hewan pemakan daging seperti singa. Lensa tele merupakan solusinya.

Teropong: Sebelum memfoto. Akan lebih mudah menemukan spot foto yang bagus menggunakan teropong. Biasanya agen travel di sana menyediakan teropong. Tapi alangkah lebih baik jika kamu membawa teropong kamu sendiri dari rumah.

4. Alas kaki

Bawa sepatu boot yang kokoh (Foto: Pexels/lum3n.com)

Sepatu boot: Medan yang akan kamu hadapi di Afrika sangat keras. Kenakan sepasang sepatu boot yang kokoh untuk menempuh setiap perjalanan kamu.

Sandal olahraga: Sandal olahraga bisa kamu gunakan ketika berada di penginapan. Tidak mungkin kan di penginapan kamu memakai sepatu boot?

Jadi bagaimana sahabat Merah Putih, sudah siap berwisata safari ke Afrika? (ikh)

Baca juga:

Terinspirasi Film 'The Lion King', Ini 4 Wisata Safari yang Bisa Dicoba

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH