Perkuat Keamanan Pengguna, Google Akan Hadirkan Autentikasi Dua Faktor Google perkuat keamanan pengguna (Foto: pixabay/firmbee)

AUTENTIKASI dua faktor merupakan cara terbaik untuk mengamankan akun online kamu. Karena meskipun peretas menebak kata sandi, kode satu kali yang digunakan oleh sistem 2FA akan membuat peretas tidak akan dapat masuk ke akun kamu. Kode-kode tersebut umumnya akan dikirimkan ke ponselmu.

Autentikasi dua faktor atau yang dikenal sebagai 2FA, merupakan metode untuk mengkonfirmasi identitas yang diklaim pengguna dengan menggunakan kombinasi dari dua faktor yang berbeda. Pertama yaitu sesuatu yang mereka tahu, kedua sesuatu yang mereka miliki.

Baca juga:

Bukan Sekadar Kata, Pengguna Twitter Kini Bisa Posting Tweet Suara

Sebagian besar kode-kode itu dikirim lewat SMS pada ponselmu. Tetapi jika kamu tak suka berurusan dengan SMS, Google mengumumkan bahwa bulan Juli nanti mereka akan melakukan default cek 2FA untuk pemberitahuan telepon.

Google akan menghadirkan sisten keamanan 2FA (Foto: ubergizmo)

Menurut Google, petunjuk telepon dikatakan lebih aman dibandingkan teks atau kode suara. Petunjuk telpon juga jauh lebih mudah digunakan.

"Ini berarti bahwa jika kamu masuk ke akun Google kamu dan juga pada ponsel cerdas, kamu akan diminta untuk mengikuti perintah telepon untuk memverifikasi upaya login," tulis Google sebagaimana dilansir dari ubergizmo.

Baca juga:

Nintendo Rilis Gim Unik Agar Kamu Tetap Gerak di Rumah

Google terus tingkatkan keamanan akun (Foto: pixabay/photomix-company)

Lebih lanjut Google menambahkan "Itu akan membantu meningkatkan keamanan akun dan membuatnya lebih mudah untuk masuk".

Namun perlu dicatat bahwa Autentikasi dua faktor itu hanya akan berlaku untuk akun yang tidak menggunakan kunci keamanan. Bagi mereka yang menggunakan kunci keamanan seperti Google's Titan, maka ini tidak akan berlaku karena kunci keamanan bertindak sebagai autentikator sejak diaktifkan pada perangkat.

Perubahan-perubahan itu diperkirakan akan diluncurkan pada tanggal 7 Juli 2020, namun bisa memakan waktu sekitar satu atau dua minggu sebelum tersedia untuk global. (ryn)

Baca juga:

Mengintip Bocoran Sejumlah Fitur Baru WhatsApp yang Akan Dirilis Tahun Ini

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH