Perkuat Ekonomi Digital, Menkominfo Soroti Ancaman Cyber Crime Menkominfo Johnny G Plate di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.

Merahputih.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyoroti pentingnya infrastruktur dan ekonomi digital.

Menurut Johny, dua sektor tersebut erat kaitannya dengan keamanan siber atau cyber security dan sisi penegakan hukum.

Baca Juga:

Polisi Bersama Kemkominfo Akan Tertibkan Para Buzzer

“Kami dari kementerian ini akan mengambil bagian dan bersama lembaga negara lainnya untuk memastikan cyber security dan cyber crime itu bisa diatasi,” ujar Johnny dalam keterangan persnya, Senin (28/10)

Johny menegaskan bahwa ketika cyber security kuat, hal ini akan berdampak positif terhadap infrastruktur maupun ekonomi digital. "Kita berharap platform digital yang kita miliki bisa digunakan untuk kepentingan bersama, kepentingan negara dan untuk kemajuan dalam persaingan globalisasi," bebernya.

Kemudian, dari sisi hukum, Johnny juga menjelaskan tentang perlunya pengambilan tindakan bagi pelanggar hukum.

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate di Posko Cemara, Jakarta Pusat (MP/Fadhli)
Menkominfo Johnny G Plate di Posko Cemara, Jakarta Pusat. (MP/Fadhli)

Menurutnya, apabila sudah dilakukan literasi penjelasan dan edukasi masih belum mempan, maka ada penegakan hukum sesuai dengan UU ITE, UU No.19 Tahun 2016.

“Saya tadi disampaikan bahwa ada banyak juga pemblokiran akun-akun, itu sebetulnya bisa ditindaklanjuti melalui proses hukum. Tapi untuk sementara ini masih ada kebijakan yang hanya sampai ditingkat pemblokiran akun, apabila masih terus berlanjut maka tentu tindakan penegakan hukumnya yang perlu dilakukan,” tegasnya.

Baca Juga:

Johnny Plate Tegaskan NasDem Tak Persoalkan Jatah Menteri

Kendati demikian, Johnny mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan platform digital dengan baik.

“Dengan sangat hormat dari Kementerian ini tugas kami sekalian mengajak warga, masyarakat atapun bangsa kita untuk menggunakan platform digital ini dengan penuh kecerdasan dan demi kebaikan bangsa dan negara,” pungkas Johnny. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH