Perketat Keamanan, Polisi Tutup Kawasan Sekitar KPU Jalan di depan Kantor KPU Pusat ditutup petugas kepolisian (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Petugas Kepolisian memperketat pengamanan di sekitar kawasan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat. Jalan di depan KPU pun mulai ditutup malam ini, baik menuju Bundaran HI maupun arah Menteng.

Sejumlah polisi dari satuan Brimob bersenjata lengkap disiagakan di KPU dengan jumlah yang lebih banyak dibanding hari biasa.

Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Slamet Widodo mengatakan pengetatan pengamanan untuk pengesahan rekapitulasi suara Pemilu 2019. Namun ia tak menjelaskan penutupan jalan tersebut akan diberlakukan hingga kapan.

"Iya ada penambahan pengamanan," kata Slamet di Jakarta, Senin (20/5).

Petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya memasang kawat di sekitar kantor KPU Pusat
Kepolisian dari Polda Metro Jaya memasang kawat di depan kantor KPU, Jakarta Pusat (MP/Kanu)

Secara keseluruhan sebanyak 50.000 personel diterjunkan gabungan dari TNI, Polri dan Pemda akan diterjunkan untuk pengamanan jelang pengumuman hasil Pemilu 2019.

Aparat kepolisian juga disebar ke pusat keramaian lainnya seperti pasar, mal, stasiun serta terminal.

"Dari 50.000 itu sudah kita tentukan lokasi-lokasi mana saja yang akan kita amankan. Pertama adalah di simbol negara, dan Pam Obvit misal KPU, Bawaslu, DPR, MPR, Istana Negara," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono di Jakarta, Senin, (20/5).

Adapun pada malam ini rekap suara menyisakan tiga provinsi lagi yaitu Sumut, Maluku, dan Papua. KPU pun memperkirakan rekapitulasi suara Pemilu 2019 secara keseluruhan bisa selesai malam ini. Bila sudah selesai semua, maka hasil rekap langsung disahkan.

Namun yang akan ditetapkan adalah hasil rekap suara, sementara penetapan pasangan calon digelar akan tiga hari setelah penetapan rekapitulasi suara.

"Kalau hari ini yang diumumkan itu hasil perolehan suaranya yang ditetapkan," ucap Ketua KPU Arief Budiman.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH