Perjuangan Timnas Indonesia U-19 Ditutup dengan Kemenangan 5-1 atas Myanmar Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai bobol gawang Myanmar. (PSSI)

MerahPutih.com - Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Myanmar U-19 dengan skor 5-1 pada laga pamungkas atau kelima Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (10/7).

Namun disayangkan, perjuangan Timnas Indonesia U-19 terhenti untuk melaju ke semifinal. Pasalnya, pada waktu bersamaan, Vietnam U-19 imbang 1-1 melawan Thailand U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Dalam laga melawan Myanmar, Timnas Indonesia U-19 langsung menyerang karena membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak semifinal. Sayang, justru Myanmar yang berhasil mencuri gol.

Tandukan kapten La Min Htwe memanfaatkan sepak pojok pada menit ke-8, membobol gawang kiper Timnas Indonesia U-19, Cahya Supriadi. Skor 1-0 untuk Myanmar.

Baca Juga:

Menang Dua Gim Langsung, Chico Juarai Malaysia Masters 2022

Dikutip Bolaskor.com, Timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-18. Bola tendangan bebas Arkhan Fikri disambut Muhammad Ferarri dengan tandukan. Skor imbang 1-1.

Enam menit berselang giliran Arkhan Fikri yang mencetak gol. Bola hasil tendangan keras kaki kanannya dari luar kotak penalti tak dapat diantisipasi kiper Myanmar, Hein Htet Soe. Skor 2-1 untuk Timnas Indonesia U-19.

Terus menyerang, Timnas Indonesia U-19 kembali berhasil mencetak gol melalui tandukan Ferarri pada menit ke-32. Skemanya sama seperti gol pertama, bola tendangan bebas Zanadin Faris disambut Ferarri dengan tandukan. Skor 3-1 untuk Timnas Indonesia U-19.

Dua menit kemudian, Rabbani Tasnim menambah keunggulan Timnas Indonesia U-19. Menerima umpan terobosan, Rabbani berhasil duel melawan Myanmar sebelum melepaskan tendangan keras kaki kanan dalam kotak penalti. Skor 4-1 untuk Timnas Indonesia U-19 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-19 tak mengendurkan serangan. Myanmar juga meningkatan intensitas penguasaan bola.

Baca Juga:

Tonton Siaran Langsung Penentuan Nasib Timnas U-19 Lolos Semifinal AFF

Skuad Garuda Muda menambah keunggulan melalui Ronaldo Kwateh pada menit ke-72. Bola umpan terobosan Zanadin Faris disambut Ronaldo Kwateh dengan sepakan kaki kanan. Skor 5-1 untuk Timnas Indonesia U-19 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini tak bisa membuat Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal. Pasalnya, pada waktu bersamaan, Vietnam U-19 imbang 1-1 melawan Thailand U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Dengan kemenangan Timnas Indonesia U-19 vs Myamar U-19 dengan skor 5-1 dan hasil imbang Vietnam U-19 vs Thailand U-19 1-1, skuad Garuda Muda mengantongi 11 poin dari 5 laga. Poin itu sama seperti Vietnam U-19 dan Thailand U-19. Namun, sesuai regulasi AFF, Vietnam, Thailand, Indonesia dibuat klasemen kecil dengan penentuan produktivitas gol head to head.

Timnas Indonesia U-19 kalah produktivitas gol head to head, karena imbang 0-0 lawan Vietnam dan Thailand. Sedangkan Vietnam melawan Thailand imbang dengan skor 1-1.

Padahal, Indonesia punya selisih gol meyakinkan +15. Di sisi lain, Vietnam lolos sebagai pemuncak Grup A dengan selisih gol +9. Sedangkan Thailand sebagai runner-up dengan selisih gol +6.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19: Cahya Supriadi; Ahmad Rusadi, Muhammad Ferrari, Kakang Rudianto, Mikael Alfredo Tata; Arkhan Fikri, Ferdiansyah Cecep Surya, Dimas Juliono Pamungkas, Zanadin Fariz; Rabbani Tasnim Siddiq, Hokky Caraka Bintang Brilliant.

Myanmar U-19: Hein Htet Soe; Myo Min Hein, Lan Sann Aung, Lin Lin Tun, Khun Aung Soe; Ar Kar Kyaw, Zaw Win Thein, Chit Aye, Oakkar Naing, Thein Zaw Thiha, La Min Htwe. (*/Bolaskor.com)

Baca Juga:

Coretan di Atas Kertas Timnas U-19 Lolos Semifinal AFF, Skenario 3 Mimpi Buruk

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Raja Sapta Oktohari Terima Penghargaan Bergengsi di Dunia Balap Sepeda
Olahraga
Raja Sapta Oktohari Terima Penghargaan Bergengsi di Dunia Balap Sepeda

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari menerima penghargaan Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC) Special Order of Merit.

Thailand Tetap Serius Hadapi Indonesia Meski Unggul 4-0
Olahraga
Thailand Tetap Serius Hadapi Indonesia Meski Unggul 4-0

The War Elephants mengantongi keunggulan 4-0 setelah menang di leg pertama. Meskipun demikian, Chanathip Songkrasin dkk tetap serius melawan Skuad Garuda.

Kata Praveen setelah Gagal ke Semifinal WTF 2021
Olahraga
Kata Praveen setelah Gagal ke Semifinal WTF 2021

Setelah berjuang 30 menit, Praveen/Melati harus mengakui keunggulan pasangan peringkat ketujuh itu dan memastikan tersingkir dari persaingan grup.

Bima Sakti Bicara Target di Laga Perdana Piala AFF U-16
Olahraga
Bima Sakti Bicara Target di Laga Perdana Piala AFF U-16

Pelatih timnas U-16, Bima Sakti menargetkan anak asuhnya bisa memetik tiga poin di pertandingan pertama guna memudahkan langkah Garuda Muda ke babak berikutnya.

Lawan Korsel, Timnas U-19 Terus Bersiap Diri
Olahraga
Lawan Korsel, Timnas U-19 Terus Bersiap Diri

Kapten Timnas U-19 Kakang Rudianto menyatakan timnya terus beradaptasi dengan cuaca di Korea Selatan menjelang laga melawan timnas U-19 tuan rumah pada Jumat (25/3) di Daegu, mulai pukul 15.30 WIB.

Miguel Oliveira Juara GP Mandalika
Olahraga
Miguel Oliveira Juara GP Mandalika

Setelah ditunda akibat hujan deras, MotoGP Mandalika akhirnya tuntas. Hasilnya, Miguel Oliveira meraih podium pertama.

578 Pembalap dan Kru MotoGP Telah Datang di Lombok
Olahraga
578 Pembalap dan Kru MotoGP Telah Datang di Lombok

Sebelumnya, semua logistik ajang MotoGP Indonesia telah tiba di Sirkuit Pertamina Mandalika setelah dibawa menggunakan pesawat Qatar AirlinesAirles Rute DOH - LOP - HKG.

Jonatan Christie Anggap Gelar Juara Swiss Open 2022 Sangat Istimewa
Olahraga
Jonatan Christie Anggap Gelar Juara Swiss Open 2022 Sangat Istimewa

Bagi unggulan keempat, gelar juara di Basel terasa begitu istimewa mengingat perjuangannya yang tidak mudah dan sempat positif COVID-19 beberapa waktu lalu.

Manchester United Dipermalukan Wolverhampton di Kandang Sendiri
Olahraga
Manchester United Dipermalukan Wolverhampton di Kandang Sendiri

Manchester United mengalami kekalahan pertama mereka di bawah pelatih interim Ralf Rangnick, setelah dipermalukan 0-1 oleh Wolverhampton Wanderers di Old Trafford dalam laga lanjutan Premier League, Selasa (4/1) dini hari WIB.

Prediksi Portugal Vs Makedonia Utara: Tim Singa Merajut Asa ke Piala Dunia 2022
Olahraga
Prediksi Portugal Vs Makedonia Utara: Tim Singa Merajut Asa ke Piala Dunia 2022

Kemenangan itu membuat kepercayaan diri para pemain Makedonia Utara meningkat. Mereka bertekad untuk menjungkalkan Portugal dan meraih tiket ke Piala Dunia 2022 untuk pertama kalinya.