MotoGP

Perjuangan Marc Marquez Belum Habis

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 18 Mei 2021
Perjuangan Marc Marquez Belum Habis
Marc Marquez masih belum nyaman dengan motornya. (Foto: MotoGP)

MUSIM balapan MotoGP 2021 sama sekali tidak memberikan hal yang baik bagi Marc Marquez. Pebalap bernomor 93 itu belum menunjukan dirinya seperti pada awal musim balapan tahun 2020.

Kecelakaan yang dialaminya pada tahun lalu agaknya membuatnya agak mundur. Apalagi dia harus beradaptasi dengan teknologi yang disematkan pada motor RC213V barunya. Tiga pebalap Honda, Pol Espargaro, Takaaki Nakagami dan Stefan Bradl, sudah memakai sepeda motor terbaru, kecuali Alex Marquez.

Baca Juga:

Yamaha Bangkit di 2021, Lupakan Mimpi Buruk 2020

motor
Marquez masih butuh waktu untuk menaikan pedenya. (Foto: MotoGP)

Marquez setelah balapan di Circuito de Jerez-Angel Nieto, Spanyol, mengatakan dia tidak nyaman dengan sepeda motornya. Memang terdapat perubahan pada tunggangan pebalap Honda. Menurut pengamat sekaligus mantan pebalap, Simon Crafar, motor balap Honda memakai sasis aluminium dengan campuran serat karbon. Kemudian tetap mempertahankan peredam kejut bagian belakang dan kombinasi linkagenya.

Crafar menyebutkan pada bagian belakang tetap dipertahankan karena terbukti pada tahun lalu memberikan daya cengkram yang baik di setiap balapan. Kemudian perubahan salah satunya ada di porok depan yang lebih ringan dan diubah posisinya.

Pebalap asal Spanyol ini memang langsung menaiki motor terbarunya itu. Apalagi Marquez dinilai oleh banyak orang sebagai pebalap tangguh yang mampu dengan cepat beradaptasi dengan sepeda motornya.

Sayang ternyata sepeda motor barunya itu tak memberikan kenyamanan ketika dikendarai. Apalagi Marquez memang mengalami cidera yang serius yang membuatnya tidak menyelesaikan balapan di musim 2020. Menurut Crafar, dia tahu bagaimana rasanya kembali setelah sembuh, tidak mungkin bisa menggeber motornya dengan kencang.

Baca Juga:

Teknologi Baru yang Disematkan pada Motor Balap MotoGP

motor
Pol Espargaro menggunakan motor anyar di musim balap 2021. (Foto: MotoGP)

Ini sangat mempengaruhi feedback yang diharapkan oleh tim. Marquez sama sekali tidak bisa memberikan feedback berarti. Sebab, Crafar menegaskan semakin kencang dikendarai maka akan semakin baik feedback yang diharapkan.

Apalagi pebalap andalam Repsol Honda Repsol Team itu sempat terjatuh lagi di Andalucia. Ini semakin membuat cidera yang dialaminya meradang lagi. Tangan dan bahu kanan dari Marquez memang dikabarkan masih terasa kaku dan menjadi kendala saat balapan.

Kabarnya dalam balapan di Le Mans, pekan lalu, Marquez memakai RC213V dengan settingan lama. Pengamat MotoGP melihat Marquez memakai motor lamanya di sirkuit SHARK Helmets Grand Prix de France. Motor itu juga terlihat ketika Marquez melakukan tes di Jerez.

Marc Marquez adalah peblap yang paling gahar dan pede di semua lintasan MotoGP. Namun bukan hal yang tidak mungkin kecelakaan yang menimpanya membuat mentalnya agak turun. Crafar mengatakan bahwa butuh waktu untuk menaikan kembali tingkat kepedeannya itu. Bisa jadi dengan memakai motor lamanya, Marquez berusaha membangkitkan dirinya kembali. Semoga. (psr)

Baca Juga:

Nakagami Pakai Motor Baru di MotoGP 2021

#MotoGP #Marc Marquez #Repsol Honda
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan