Perjuangan Bhabinkamtibmas, Rela Jemput Lansia di Rumah Demi Percepat Vaksinasi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 09 Juni 2021
Perjuangan Bhabinkamtibmas, Rela Jemput Lansia di Rumah Demi Percepat Vaksinasi
Anggota Bhabinkamtibmas Kauman, Polsek Pasar Kliwon, Polresta Surakarta Ipda Sugiyanto menjemput lansia, Rabu (9/6). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Anggota Bhabinkamtibmas Kauman, Polsek Pasar Kliwon, Polresta Surakarta Ipda Sugiyanto bergegas mengambil kendaraan yang diparkir di Mapolsek Pasar Kliwon, Rabu (9/6)

Tak butuh waktu lama setelah selesai apel pagi di Mapolsek Pasar Kliwon, ia langsung mengegas kendaraan menuju rumah seorang warga lansia di Kampung Kauman, RT 03/RW 04, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Jawa Tengah.

Sesampai di rumah warga tersebut, ia langsung menjemput seorang lansia, Sugeng Agus Mustofa (61) dan memboncengkannya dengan kendaraan dinas menuju ke Puskesmas Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon untuk menjalani program vaksinasi pralansia.

Baca Juga:

Alasan Lansia Renta Belum Layak Divaksin COVID-19

Program tersebut dicanangkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk mempercepat vaksinasi demi pemulihan ekonomi di Solo. Selain itu, untuk melindungi warga dari COVID-19.

Setibanya di Puskesmas Gajahan, Ipda Sugiyanto membawa Sugeng ke tempat ruang vaksinasi dengan menunjukkan KTP dan dilakukan screening kesehatan. Setelah dinyatakan sehat, vaksin Sinovac disuntikkan pada tangan Sugeng sebelah kanan.

"Banyak kendala yang dialami lansia di Kelurahan Kauman dalam menjalani vaksinasi. Salah satunya karena tidak ada yang mengantar, karena anaknya sibuk kerja," ujar Ipda Sugiyanto pada Merahputih.com, Rabu (9/6).

  Lansia jalani vaksinasi corona di Puskesmas Gajahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/6). (MP/Ismail)
Lansia jalani vaksinasi corona di Puskesmas Gajahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/6). (MP/Ismail)

Ia mengaku harus rela bolak-balik ke rumah warga untuk menjemput para lansia itu ke puskesmas dan mengantarkan mereka pulang lagi. Bahkan, sehari bisa mengantarkan dua sampai tiga orang lansia pulang pergi (PP) untuk vaksin.

"Kami rela dan ikhlas membantu warga agar program vaksinasi corona pemerintah cepat selesai. Warga bisa menghubungi kami untuk diantarkan suntik vaksin," kata dia.

Seorang warga Sugeng mengaku terbantu dengan layanan antar-jemput lansia untuk vaksin di puskesmas.

Ia mengatakan, selama ini tidak bisa berangkat vaksin ke puskesmas karena sepeda motor rusak dan anak sibuk kerja.

"Saya sudah lama ingin divaksin, tetapi tidak ada yang mengantarkan. Sepeda motor di rumah rusak," katanya.

Baca Juga:

Warga Pralansia di DIY Mulai Dapat Vaksinasi COVID-19

Kapolsek Pasar Kliwon Iptu Achmad Ridwan Prevoost mengatakan, pihaknya dalam hal ini ingin membantu warga lansia yang tidak bisa berangkat ke puskesmas dengan menjemput mereka di rumah.

"Kami jemput lansia di rumah yang tidak bisa berangkat karena terkendala transportasi menuju ke puskesmas terdekat," kata Prevoost.

Ia menghimbau pada masyarakat yang butuh bantuan antar jemput bisa menghubungi polsek atau anggota Bhabinkamtibmas.

Polsek Pasar Kliwon siap membantu pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Kasus COVID-19 Kelompok Lansia Cenderung Naik Usai Lebaran

#Kota Solo #Usia Lansia #Vaksinasi #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan