Perjuangan 9 Tahun dan Misteri Kondisi Michael Schumacher

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 01 Januari 2023
Perjuangan 9 Tahun dan Misteri Kondisi Michael Schumacher
Kondisi Michael Schumacher selalu penuh misteri. (Foto: F1)

KONDISI kesehatan Michael Schumacher masih menjadi misteri selama sembilan tahun. Sebelumnya, dia mengalami kecelakaan ski nan tragis yang dialaminya di Resor Alpine Meribel, Pegunungan Alpen, Perancis, pada 29 Desember 2013. Kabar itu mengejutkan dunia otomotif.

Sang juara dunia Formula 1 tujuh kali itu terjatuh saat bermain ski dan kepalanya terbentur hingga tak sadarkan diri. Publik terus bertanya-tanya tentang kondisi kesehatan pembalap Jerman itu. Informasi terus bocor secara bertahap.

Saking kuatnya benturan, helm yang ia kenakan saat bermain ski pecah. Ia pun dikondisikan koma oleh tim medis untuk melindungi kemungkinan cedera otak. Kemudian keluarga mengabarkan bahwa ia dipindahkan ke rumah sakit di Lausanne, Swiss.

Dari sana, informasi tentang perkembangan kondisi Schumacher mulai gelap, bahkan hingga saat ini, seperti diungkapkan laman Motorsport. Pemindahan dirinya dari rumah sakit ke kediamannya pada September 2014 juga nyaris tak diketahui. Sejak itu, ia hanya dikelilingi keluarga dan asisten profesional.

Baca juga:

Foto Konyol Michael Schumacher yang Disembunyikan 18 Tahun Akhirnya Tersebar

Schumacher alami kecelakaan ski parah di Pegunungan Alpen. (Foto: Unsplash/Maarten Duineveld)

Mantan Presiden FIA dan bos tim Ferrari Jean Todt, seolah menjadi juru bicara keluarga Schumi, sebutan untuk Schumacher. Ia konsisten memberi kabar terbaru terkait legenda F1 tersebut. Namun, kondisi Schumi tak pernah mengalami perkembangan signifikan.

Todt, pria Perancis itu, berkomentar pada Juli 2020 kepada surat kabar Inggris Daily Mail, bahwa Schumi sedang berjuang. Ia berharap dunia dapat segera melihat sang juara dunia itu kembali. Itu juga yang tengah diperjuangkan olehnya dan keluarga.

Namun, jawaban Todt selalu sama, bahwa Schumi sedang berjuang. Tak banyak yang bisa dilakukan, kecuali berdoa dan berharap agar keluarganya dapat tetap menjalankan semuanya dengan baik. Todt juga mengaku ia sering menemui Michael, setidaknya satu atau dua kali sebulan.

Dalam film dokumenter Schumacher yang dirilis oleh Netflix pada September 2021 lalu, sang istri Corina mengatakan bahwa ia sangat merindukan sosok Schumi setiap hari. Suaminya memang masih ada bersama dirinya secara fisik, tapi sosok Schumacher sudah tak pernah hadir lagi. Schumi tak pernah lagi sama.

Baca juga:

Mobil Balap F1 Ferrari F300 Eks Michael Schumacher Dilelang

Keluarga tak ingin memberikan terlalu banyak informasi tentang Schumacher. (Foto: Unsplash/AbsolutVision)

"Saya bukan satu-satunya, seluruh keluarga merindukannya, anak-anaknya, ayahnya, semua orang di sekitarnya. Meskipun dia ada di sini, dia tidak sama lagi, tapi dia ada di sini," ungkap Corina.

Namun, mengapa kondisi Schumacher seolah begitu dirahasiakan? Sangat jarang terdengar pers atau jurnalis yang konsisten mengungkapkan kondisi terkini Schumacher. Rupanya, seorang jurnalis olahraga motor asal Jerman mengatakan, bahwa ada semacam 'gentleman's agreement' antara pers, keluarga Schumacher, dan juru bicara keluarga Sabine Kehm.

Kesepakatan itu seolah membatasi apa yang boleh diberitakan oleh pers dan tidak. Pers hanya bisa berbicara tentang Schumacher saat keluarga berbicara. Meski ada banyak media yang terus mengemukakan informasi terkini tentangnya, tapi sebagian besar tidak benar, bahkan tidak enak.

Keluarga biasanya hanya membagikan informasi terkait Schumacher sekali setahun. Mereka jarang sekali membagikan kabar terkini tentang sang juara dunia. Jadi, beberapa media memutuskan mengarang cerita mereka sendiri untuk menjual lebih banyak majalah dan menggaet lebih banyak pembaca. (waf)

Baca juga:

Demi Suami, Istri Michael Schumacher Jual Jet dan Rumah Pribadi

#Michael Schumacher
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan