Perjalanan Merak-Jakarta, Apa Saja yang Bisa Dieksplore? Mercusuar di Anyer (Sumber:Instagram/catperku)

PERJALANAN trans-Jawa dimulai dari Merak. Berdasarkan data dari Jasamarga, jarak antara Merak-Jakarta yakni 105,45 km. Sementara biaya yang harus dikeluarkan bervariatif tergantung golongan. Tarif tol terjauh Merak-Jakarta untuk Golongan I yakni Rp48 ribu.

Nah, selama perjalanan Merak-Jakarta atau sebaliknya ada banyak yang bisa kamu ekspore. Melalui buku panduan untuk mudik, pihak Jasamarga memberikan rekomendasi destinasi wisata serta kuliner untuk daerah Banten dan Jakarta.

Saat berada di Banten, kamu bisa menghabiskan waktu sejenak di tepi pantai. Kamu bisa mampir ke Pantai Anyer yangsenyak dulu terkenal keindahannya. Biasanya masyarakat yang ingin ke tempat tersebut akan keluar Gerbang Tol Cilegon Barat.

Pantai Anyer (Sumber: Instagram/rexx24_)
Pantai Anyer (Sumber: Instagram/rexx24_)

Kepualauan di sekitar Gunung Anak Krakatau juga tak kalah indah. Angin semilir pantai dan pemandangan bawah laut yang eksotis menjadi andalannya. Ada tiga destinasi yang bisa kamu kunjungi, Pulau Sebesei, Pulau Umang-Umang dan Pulau Anak Krakatau. Tapi kamu harus berhati-hati karena Gunung Anak Krakatau masih aktif.

Sementara bagi yang doyan mencicipi kuliner kamu bisa menikmati makanan khas Banten, Nasi Sumsum. Makanan andalan warga Banten ini punya citarasa gurih karena berasal dari campuran nasi dan sumsum tulang belakang kerbau. Makanan ini kemudian dibugkus daun pisang lalu dibakar.

Nasi Sumsum (Sumber: Instagram/misshotrodqueen's profile picture misshotrodqueen)
Nasi Sumsum (Sumber: Instagram/misshotrodqueen)

Tak hanya itu aneka olahan bandeng juga bisa jadi pilihan. Salah satunya Pecak Bandeng, olahan sederhada dari sambel pecak dan ikan bandeng. Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kaseman digadang-gadang menjadi tempat paling legendaris dari kemunculan kuliner ini.

Tapi sebelum mengeksplore Banten, kamu bisa menikmati gemerlapnya Ibu Kota Jakarta. Ada dua destinasi wisata pilihan Jasamarga, pertama adalah Museum Macan, sebuah tempat yang layak dikunjungi bagi para pencinta seni. Letaknya juga berada di pusat kota sehingga mudah dijangkau.

Jakarta Aquarium (Sumber: Instagram/rena_3.110's profile picture rena_3.110)
Jakarta Aquarium (Sumber: Instagram/rena_3.110)

Destinasi kedua adalah Jakarta Aquarium. Di tempat ini kamu bisa mengajak keluarga berlibur sambil belajar berbagai jenis hewan laut. Jakarta Aquarium menawarkan ratusan jenis biota laut. Bagi yang doyan foto di sana juga ada banyak spot instagramable.

Soal kuliner, Jakarta tak kalah dengan Banten. Karena berbagai macam suku dan budaya ada di Jakarta, hal itu membuat kota metropolitan ini punya beragam kuliner enak. Misalnya chinese food yang banyak di Jakarta Barat, seafood di Jakarta Utara, modern food yang tersebar di ratusan titik di Jakarta Selatan. Tak ketinggalan pula kuliner khas Betawi di hampir semua wilayah. (*)

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH