Perjalanan Laut Aman dan Nyaman untuk Ibu Hamil Ibu hamil yang ikut berlayar memiliki persyaratan yang banyak. (Foto: Pexels/GEORGE DESIPRIS)

DEBURAN ombak, hembusan angin, dan semburat cahaya matahari tenggelam membuat pantai menawarkan romantisme yang tak terelakkan. Daya pikatnya membuat kita tergoda untuk menikmatinya lebih dekat dengan berlayar ke tengah lautan. Perjalanan laut mengasyikkan. Kita harus melakukan upaya untuk membuatnya senyaman mungkin.

Jika kamu sedang hamil dan merencanakan pelayaran ke tengah lautan, yang perlu diperhatikan banyak hal dan merencanakannya dengan matang. Gerakan kapal dapat membuat kita merasa mual dan pusing. Tak jarang ombak juga dapat membuat kondisi perut kita bermasalah. Dengan memperhatikan langkah-langkah berikut daya jelajah ibu hamil dengan kapal pun jauh lebih aman:

Fasilitas Medis di Atas Kapal

medis
Yakinkan bahwa di dalam kapal ada fasilitas medis. (Foto: Pexels/Pixabay)

Pastikan dokter dan perlengkapan medis tersedia di kapal. Adanya dokter dan fasilitas medis di kapal memungkinkan adanya penanganan cepat saat ada situasi darurat yang berkaitan dengan kehamilan.

Pilih Pelayaran Berdurasi Singkat

cruiser
Jangan mengambil waktu pelayaran yang panjang. (Foto: Pexels/Pixabay)

Pelayaran dengan durasi lebih singkat jauh lebih baik daripada perjalanan dengan durasi panjang. Pelayaran internasional mengharuskan kita untuk lebih peduli terhadap kesehatan. Aturlah makan dan minum dengan cermat saat di atas kapal.

Aturlah Posisi Duduk Senyaman Mungkin

hamil
Posisi duduk sangatlah penting. (Foto: Pixabay/DanielReche)

Gelombang lautan membuat bepergian dengan kapal dapat membuat kita tidak nyaman. Bagi ibu hamil, mual dan pusing yang dirasakan bisa jauh lebih hebat. Jika memungkinkan pesan tempat duduk di bagian tengah kapal yang relatif aman dari gelombang.

Konsumsi Makanan Sehat

makanan sehat
Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang baik. (Foto: Pixabay/BlackWolf)

Konsumsi makanan ringan dan cemilan di waktu yang tepat. Itu perlu dilakukan untuk menghindari kegelisahan yang disebabkan oleh masalah perut. Makanlah makanan sehat dan bergizi supaya nutrisi ibu dan bayi dalam kandungan tercukupi. Selain itu pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan rutin minum air putih.

Konsultasi Dokter

dokter
Berkonsultasi ke dokter sebelum memulai perjalanan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Sebelum pergi, jadwalkan janji dengan dokter. Minta saran kepada mereka cara mengatasi komplikasi terkait perjalanan laut seperti kelelahan, gangguan pencernaan, nyeri ulu hati atau kram kaki. Dengan demikian, kau akan bisa mensiasatinya ketika mengalami hal tersebut.

Obat

obat
Bawa obat resep dokter atau obat lainnya yang aman untuk ibu hamil. (Foto: Pexels/Pixabay)

Sebelum memulai pelayaran, bawalah obat untuk penyakit laut yang aman dikonsumsi wanita hamil. Kau juga bisa membawa semua obat resep dokter. Dengan melakukan antisipasi sejak awal perjalanan kita pun jauh lebih aman dan terjaga. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH