Perjalanan Kereta Malam Terbaik yang Layak Dicoba di 2020 Perjalanan kereta malam terbaik (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

JANGAN langsung pilih pesawat jika kamu punya waktu lebih lama untuk berlibur. Perjalanan kereta semalaman adalah pilihan yang jauh lebih menyenangkan, imersif dan ramah lingkungan untuk menghabiskan liburan.
Ada sesuatu yang sangat romantis tentang perjalanan kereta api. Kecepatan yang lebih lambat, ritme yang lembut, terasa seperti lepas dari tanggung jawab dengan hanya melihat pemandangan keluar jendela. Itu berlaku untuk sebagian besar perjalanan kereta api.

Berbeda dengan kereta tidur, yang bagaikan hotel di atas roda. Kamu tertidur pulas di satu negara dan bangun di negara lain. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam mengagumi pemandangan, mengobrol dengan teman baru sambal melihat matahari terbit dan terbenam.

Baca juga:

6 Destinasi Wisata Keren di Film Animasi untuk Liburan Akhir Tahun

Perjalanan kereta api memberi sedikit dampak kerusakan planet. Efek gas rumah kaca yang dihasilkan lebih kecil dari semua alat transportasi. Perjalanan kereta api melewati setiap jengkal tanah mampu memahami koneksi yang ada di antara tempat-tempat. Berikut beberapa perjalanan kereta malam yang layak kamu coba di 2020.

Hanoi ke Kota Ho Chi Minh, Vietnam

Perjalanan Kereta Malam Terbaik yang Layak Dicoba di 2020
Reunification Express dengan pemandangan di Laut Cina Selatan (Foto: vietnamrailways.net)

Dijuluki Reunification Express yang kembali beroperasi setelah Perang Vietnam. Perjalanan sepanjang 1. 726 km antara Hanoi dan Kota Ho Chi Minh ini menawarkan diorama Vietnam yang sempurna. Kota bersejarah, pinggiran kota yang ramai, sawah, bukit zamrud dan Laut Cina Selatan yang berkilau.

Memiliki kelas dari tempat duduk yang keras (termurah) atau kompartemen empat atau enam tempat tidur. Kabin VIP (dua tempat tidur) dapat dipesan secara online. Durasi perjalanan memakan waktu sekitar 35 jam.

Baca juga:

Libur Sesuai Bujet di Akhir Tahun

Chicago ke San Francisco, AS

Perjalanan Kereta Malam Terbaik yang Layak Dicoba di 2020
Durasi perjalanan ke San Francisco dengan durasi 52 jam tanpa henti. (Foto: thetimes.co.uk)

Dengan perjalanan epik 3.900 km, California Zephyri akan memberikan pemandangan luar biasa. Terdiri dari ngarai yang terjal, gurun panas, pegunungan bersalju dan banyak terowongan. Pada tahun 1869, jalur ini adalah yang pertama melintasi Continental Divide, yang menghubungkan Atlantik dan Pasifik.

Zephyr berangkat dari Chicago pukul 14:00 setiap hari. Pesan lebih awal untuk tarif terendah dan ketersediaan. Tiket dapat dipesan untuk perjalanan setahun ke depan. Durasi keseluruhan perjalanan ke San Francisco membutuhkan waktu 52 jam tanpa henti.

Kapiri Mposhi ke Dar es Salaam, Zambia dan Tanzania

Kapiri Mposhi ke Dar es Salaam, Zambia dan Tanzania
Membeli camilan atau oleh-oleh dibeli melalui jendela disaat kereta berhenti. (Foto: publictransportdiaries)

Kereta Api Tazara akan melewati sungai, ngarai, dan beberapa karya luar biasa jalur kereta. Melintasi hamparan Selous Game Reserve, Tanzania yang sangat luas dan penuh dengan margasatwa. Kamu mungkin melihat gajah, badak, singa, dan lainnya dari jendela.

Tiket tidak dapat dibeli secara online; membelinya di stasiun di Dar es Salaam atau Kapiri Mposhi atau melalui agen perjalanan lokal. Durasi perjalanan sekitar 44 jam. (lgi)

Baca juga:

Alasan Kenapa Liburan Bisa Membuatmu Semakin Sukses



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH