Perjalanan Karier Najwa Shihab Hingga Menjadi Presenter yang Disegani (Instagram/najwashihab)

KEPUTUSAN Najwa Shihab untuk mundur dari Metro TV memang menjadi buah bibir di berbagai lini masyarakat. Apalagi banyak yang menganggap stasuin televisi yang dimiliki Surya Paloh itu sudah membesarkan nama Najwa melalui program Mata Najwa.

Pertanyaan menohok dari Najwa memang menjadi ciri khas wanita yang akrab dipanggil Nana ini. Bahkan tak jarang narasumber yang diundang Najwa Shihab kehabisan kata-kata saat diberondong pertanyaan.

Kesuksesan Najwa Shihab menjadi presenter yang cukup disegani memang tidak ia dapat dengan proses singkat. Meski menjadi anak mantan Menteri Agama ke-16, Quraisy Shihab, Najwa Shihab tetap memulainya dari nol.

Sebelum menjadi presenter seperti sekarang, semasa SMA ia pernah terpilih mengikuti program yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya. Program ini dilaksanakan di Amerika Serikat selama satu tahun.

(Twitter/NajwaShihab)

Setelah lulus SMA, Najwa memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia Fakultas Hukum dan menjadi alumni tahun 2000. Ia merintis karier di dunia jurnalistik di RCTI.

Di tahun 2001, wanita kelahiran Makassar, 16 September 1977 ini memutuskan untuk bergabung di Metro TV. Di stasiun ini, ia menjadi reporter pertama dengan kode reporter 01.

Di sinilah karier Najwa mulai terlihat. Ia kerap mendapat penghargaan. Penghargaan pertamanya didapat dari PWI Pusat dan PWI Jaya untuk laporan peristiwa tsunami Aceh tahun 2004.

Di tahun 2006, bersama sejumlah wartawan lain dari berbagai negara ia terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar yang berlangsung di sejumlah kota di AS, dan menjadi pembicara pada Konvensi Asian American Journalist Association.

Kini, Najwa Shihab dengan program Mata Najwanya hanya tinggal kenangan. Melalui Twitternya, ia mengatakan akan mengundurkan diri pada bulan Agustus ini. (*)

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Umumkan Keluar Dari Metro TV, Najwa Shihab Pindah Ke Net TV?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH