Perjalanan KA Prameks Kembali Normal KA Prameks Relasi Yogyakarta-Solo sepi penumpang imbas dari pendemi virus corona, Sabtu (21/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan kembali seluruh perjalanan KA Lokal Prambanan Ekspres (Prameks) per 29 Juni 2020. Total ada 21 perjalanan KA Prameks yang kembali beroperasi.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan pihaknya telah menormalkan perjalanan KA Prameks untuk mengakomodir kebutuhan bertransportasi di tatanan normal baru (new normal).

Baca Juga

New Normal, Okupansi KA Prameks Solo-Yogyakarta Capai 100 Persen

"Kami operasikan kembali secara full agar masyarakat dapat lebih aman dan nyaman menggunakan KA," ujar Eko melalui keterangan pers di Yogyakarta, Selasa (30/6)

Namun, pihaknya masih mengurangi kapasitas penumpang dalam kereta hanya 70 persen dari tempat duduk yang tersedia. Jadwal KA Pramekspun tak jauh berbeda dengan jadwal sebelumnya. Penumpang dapat membeli tiket Prameks tujuh hari sebelum kepergian.

KA Prambanan Ekspres (Prameks) relasi Solo-Yogyakarta sepi penumpang, Sabtu (18/4). (MP/Ismail)
KA Prambanan Ekspres (Prameks) relasi Solo-Yogyakarta sepi penumpang, Sabtu (18/4). (MP/Ismail)

Petugas juga masih mewajibkan penerapan protokol new normal pada penumpang seperti memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan, serta menginstal aplikasi Peduli Lindungi. Penumpang yang tidak mematuhi peraturan tersebut dilarang untuk naik ke KA Prameks.

"Secara umum seluruh penumpang kereta api diharuskan dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celsius, memakai pakaian lengan panjang atau jaket,"tegas dia.

KA Prameks di wilayah Daop 6 melayani keberangkatan penumpang dari Stasiun Solo Balapan hingga Kutoarjo Yogyakarta.

Baca Juga

Di Tengah Pandemi COVID-19, Ekspor Makanan Olahan Indonesia Naik 7,9 Persen

KAI Daop 6 sempat mengurangi jadwal keberangkatan KA Prameks menjadi 8 rute saja pada akhir April 2020. Pengurangan ini dilakukan akibat rendahnya lalu lintas penumpang di wilayah daop 6 juga untuk menekan jumlah penyebaran kasus virus COVID-19. (Teresa Ika/Yogyakarta).

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH