Perjalanan Dokter Ryan Hingga Jadi Presenter di Dr. Oz Indonesia Dokter Ryan Thamrin (Foto: Instagram/dr_ryanthamrin)

KABAR meninggalnya dr. Ryan Thamrin, yang namanya meroket lewat program "Dr. Oz Indonesia", meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, teman-teman, serta warganet. Bagaimana seorang dokter Ryan bisa sampai di acara tersebut dan menjadi terkenal? Simak perjalanan hidup singkat yang dirangkum MerahPutih.com berikut ini.

1. Punya tiga gelar

Soal pendidikan, dr. Ryan Thamrin pertama kali menimba ilmu medisnya di Jurusan Kedokteran Umum, Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Setelah itu, pria kelahiran 27 Mei 1978 tersebut terbang ke Thailand untuk mengenyam pendidikan Klinis Kesehatan Reproduksi & Penyakit Menular Seksual di Mahachulalongkornrajavidyalaya University.

Tak puas meraih pendidikan kedokteran umum di (UGM) dan seksologi di Thailand, Ryan mempertajam ilmunya kembali. Ia belajar Kedokteran Anti-Aging (Anti Penuaan Dini) di Fakultas Kedokteran, Universitas Pajajaran (UNPAD), Bandung.

Dokter Ryan Thamrin dan kawan - kawan (Foto: Instagram @dr_ryanthamrin)

2. Pernah jadi model

Ryan justru mengawali kariernya sebagai cover boy majalah Aneka Yess! di tahun 1997. Setelah itu, karena memang wajahnya yang tampan dan tubuhnya yang bagus, ia menjadi "Cosmo Man" majalah Cosmopolitan tahun 2000. Tiga tahun kemudian, 2003, ia menjadi Abang Jakarta.

3. Membintangi iklan produk kewanitaan

Sang dokter yang digilai banyak wanita karena ketampanan dan perilakunya yang baik ini lalu mulai mendapat banyak tawaran lain. Salah satunya menjadi bintang iklan. Ia pernah muncul di iklan komersial produk pembersih kewanitaan, yaitu ”Sabun Daun Sirih – Sumber Ayu” tahun 2004 hingga 2010.

4. Jadi pembicara dan pengasuh rubrik

Setelah nama dr. Ryan Thamrin mulai bersinar, dirinya pun kerap diundang menjadi pembicara di sejumlah radio, acara televisi, dan talkshow di kota-kota. Ia juga menjadi konsultan kesehatan di beberapa media. Di antaranya, menjadi pengasuh Rubrik Konsultasi Seks dan Kesehatan di Tabloid Wanita Indonesia, pengasuh Rubrik Konsultasi Seks & Kesehatan di majalah Girlfriend, pengasuh Rubrik Konsultasi Seks & Kesehatan Remaja di majalah Aneka Yess!, serta konsultan kesehatan di situs Kotex dan Facebook Dunia Cewe.

5. Presenter Dr. Oz Indonesia

Usai melanglang buana di dunia hiburan dan kesehatan, dr. Ryan Thamrin mencapai puncak kariernya dengan menjadi pembawa program "Dr. Oz Indonesia" yang tayang di Trans TV. Dari acara tersebutlah nama dr. Ryan Thamrin mulai melejit bak roket di ranah pertelevisian Tanah Air. Ia pun cukup aktif mengunggah video atau pun foto di akun Instagram-nya untuk memberi info seputar kesehatan. Dokter tampan yang punya banyak penggemar ini akhirnya harus pergi di usia 39 tahun. (*)

Simak juga berita seputar dr. Ryan Thamrin lainnya di sini: Pesan Terakhir Dokter Ryan Thamrin Sebelum Meninggal.



Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH