Perjalanan BTS Menaklukkan American Music Awards

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Minggu, 21 November 2021
Perjalanan BTS Menaklukkan American Music Awards
Perjalanan BTS di AMAs dari tahun ke tahun. (Foto: Instagram@amas)

Sejak pengumuman daftar nominasi American Music Awards (AMAs) 2021 dirilis, tagar #AMAs dan #BTS seperti tak terpisahkan.

Dunia maya dipenuhi dengan lautan penggemar nan berusaha keras agar ketujuh idolanya bisa menjebol piala baru: Artist of the Year. Sebab kali pertama setelah empat tahun berkecimpung dalam ajang AMAs, BTS akhirnya masuk kategori utama.

Baca juga:

Konser Daring Meriah, BTS Ngaku Kesepian

RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook sepertinya sudah tidak kaget lagi ketika nama grupnya masuk jadi salah satu nominasi Artist of the Year. Awal tahun ini, mereka juga pernah mencetak sejarah menjadi bintang asal Korea Selatan pertama dinominasikan dalam acara penghargaan musik paling populer dunia, Grammy Awards.

Meski pulang dengan tangan kosong, nominasi tersebut sudah menguatkan posisi BTS di kancah musik internasional. Jadi, penambahan kategori utama di AMAs sebenarnya hanyalah tambahan daftar panjang prestasi mereka di Barat. Saingan BTS cukup kuat. Ketujuh personel harus siap melawan artis sekelas Ariana Grande, Drake, Olivia Rodrigo, Taylor Swift, dan The Weeknd.

AMAs
BTS pertama kali datang ke AMAs pada tahun 2017. (Foto: Instagram@amas)

Selain Artist of the Year, BTS juga berlomba dalam dua penghargaan lain, seperti Favorite Pop Duo or Group dan Favorite Pop Song untuk lagu Butter. Biasanya nama grup asuhan HYBE Labels itu juga masuk dalam kategori Favorite Social Artist Awards.

Namun, tahun ini pihak penyelenggara meniadakan kategori tersebut karena selama tiga tahun berturut-turut BTS selalu keluar sebagai pemenang.

Namun, kemenangan dan prestasi BTS di ajang AMAs tidak semudah membalik telapak tangan. Berikut perjalanan BTS menanklukan AMAs dari masa ke masa.

Selama beberapa tahun terakhir, kata BTS melekat erat di banyak ajang penghargaan musik internasional. Tak dapat dipungkiri, di mana pun dan kapan pun, grup nan lahir pada 2013 tersebut memang selalu jadi pemuncak.

Mereka menjadi artis pertama asal Korea Selatan memecahkan rekor mendapatkan penghargaan di AMAs. Pada AMAs 2018, BTS mengalahkan Cardi B, Ariana Grande, Shawn Mendes, dan Demi Lovato sebagai pemenang Favorite Social Artist.

AMAs
BTS, artis Korea Selatan pertama berhasil tampil dan mendapatkan nominasi di acara penghargaan musik Grammy Awards. (Foto HYBE Labels)

Setahun kemudian, BTS menang banyak. Mengungguli Jonas Brothers dan Panic! at the Disco, pelantun Life Goes On tersebut membawa pulang penghargaan Favorite Pop Duo or Group. Penghargaan tersebut menjadi kali pertama sebuah grup asal Negeri Ginseng mengalahkan band dari Hollywood.

Selanjutnya, nama mereka dipanggil lagi untuk menerima piala Tour of the Year dan Favorite Social Artist di AMAs 2019. Kemenangan serupa berlanjut lagi pada tahun 2020. Lagi-lagi, artis lain harus mengakui kegemilangan dua BTS.

Baca juga:

Lagu 'Yours' Jin BTS Melibas Tangga Lagu iTunes dalam Hitungan Jam

Tak hanya mengantongi piala saja, BTS juga pernah tampil mengguncang panggung AMAs. Setahun sebelum mendapat nominasi Favorite Social Artist, ketujuh personel mendapatkan kesempatan istimewa menampilkan lagu DNA pada 2017 silam.

Saat itu, ARMY gempar karena ada grup K-Pop berhasil manggung di acara penghargaan musik bergengsi di Amerika Serikat. Sebelumnya, artis Korea Selatan pertama pernah manggung di gelaran serupa, Psy dengan lagu populernya Gangnam Style.

Setelahnya, BTS sempat vakum manggung dua tahun. Mereka kemudian tampil lagi dalam pergelaran tahun 2020. Namun, Bangtan tak bisa hadir secara langsung di lokasi karena pandemi melanda satu dunia. Meski begitu, mereka tetap memberikan penampilan Life Goes On dan Dynamite terbaik.

Dengan baju mengilap warna-warni dan logo BTS raksasa di bagian belakang, ketujuhnya sukses menghibur ARMY seluruh dunia meski dari Korea saja.

Tahun ini, mereka telah menyiapkan penampilan tak kalah spesial. Kali ini BTS enggak akan menyanyi sendirian, melainkan berkolaborasi dengan musisi lain. Sebelumnya, BTS dilaporkan berbagi panggung bersama Megan Thee Stallion untuk lagu Butter Remix.

Tak lama kemudian, mereka juga dikabarkan menampilkan lagu My Universe secara langsung bersama Coldplay. Kabar ini tentunya disambut antusias penggemar. Apalagi sudah hampir dua tahun BTS absen tampil di depan fan secara live.

Selama ini, ARMY harus puas menyaksikan BTS di depan layar saja. Jadi, momen AMAs tentunya akan menjadi sangat berharga, baik bagi BTS dan penggemarnya. (sam)

Baca juga:

BTS dan Megan Thee Stallion Tampil Bareng di American Music Awards 2021

#American Music Award #KPop #BTS
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan