Perintah Jokowi di Hari TNI, Habisi Warisan PKI! Aksi Demo Anti PKI depan Istana Negara Jumat (3/6) Foto: MP/Yohanes Abi

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan seluruh matra TNI untuk menghabisi warisan Partai Komunis Indonesia (PKI) demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Laut, Angkatan Udara, Angkatan Darat, tugas saya adalah bersama saudara-saudara menjaga NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika, bersama-sama saudara-saudara melawan ideologi lain selain Pancasila, memberantas komunisme, dan warisan PKI," kata Jokowi, saat memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi TNI ke-73 di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10).

jokowi
Presiden Jokowi menginspeksi pasukan dalam upacara HUT ke-73 TNI, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10) pagi. (Foto: OJI/Humas)

Jokowi juga berpesan agar prajurit TNI senantiasa memegang teguh Sumpah Prajurit, menjadikan TNI semakin profesional yang mendukung demokrasi, dan pembangunan nasional. "Serta memegang teguh prinsip politik negara sebagaimana diamanatkan Panglima Besar Jenderal Sudirman," imbuh dia.

Tak hanya itu, Presiden berterima kasih atas komitmen dan dedikasi prajurit TNI yang disebutnya sebagai patriot sejati yang memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jokowi juga mengapresiasi karena TNI selalu mampu meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Sebagai panglima tertinggi, dilansir Antara, Jokowi juga berusaha senantiasa memastikan kesejahteraan TNI menjadi angkatan bersenjata modern yang mampu memainkan peran sentral modern di kawasan dunia dan Asia.

jokowi jaket TNI
Presiden Jokowi memakai jaket TNI saat meninjau sejumlah lokasi terdampak gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulteng, Minggu (30/9) siang. (Foto: BPMI Setpres)

"Memastikan agar ke depan prajurit dan keluarga TNI menjadi lebih sejahtera di mana pun saudara bertugas," tandas Kepala Negara.

Pagi ini, Presiden Jokowi memimpin upacara HUT ke-73 TNI yang diikuti 1.673 prajurit di Lapangan Plaza Mabes TNI Cilangkap. Ke-1.673 personel itu terdiri dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, yaitu 1 Kompi Upacara Pamen, 1 Kompi Upacara Pama, 1 Kompi Upacara Wanita TNI, 1 Batalyon Upacara TNI AD, 1 Batalyon Upacara TNI AL, 1 Batalyon Upacara TNI AU, 1 Kompi Upacara PNS TNI dan Satsik Type "A" Gabungan TNI. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH