Peringati Sumpah Pemuda, GEMA INTI Bina Calon Kader Berbagai Daerah Generasi Muda Indonesia Tionghoa (GEMA INTI) mengadakan kaderisasi dalam rangka Sumpa Pemuda pada 25-27 Oktober. (Foto: GEMA INTI)

MerahPutih.com - Generasi Muda Indonesia Tionghoa (GEMA INTI) mengadakan Kaderisasi Tingkat I bagi calon-calon kader yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diadakan di Jakarta, Jumat-Minggu, 25-27 Oktober.

Ditemui beberapa hari lalu, Ulung Rusman, Sekretaris Jenderal Perhimpunan INTI mendukung dan mengapresiasi kegiatan kaderisasi ini.

Baca Juga:

Gema Inti Pusat Kirim Logistik untuk Korban Tsunami Selat Sunda

“Diharapkan para kader yang mengikuti pelatihan ini akan menjadi motor penggerak dan agen perubahan di tempatnya masing-masing,” kata Ulung Rusman.

Tokoh Perhimpunan INTI yang juga merupakan aktivis '98 ini berpesan bahwa ke depannya diharapkan anak-anak muda dapat melakukan diskusi kebangsaan dengan organisasi kepemudaan lain untuk membagikan semangat kebangsaan.

Dalam kesempatan yang sama, Teddy Sugianto, selaku Ketua Umum Perhimpunan INTI berharap agar sinergi yang telah dibangun antara GEMA INTI dan Perhimpunan INTI melalui kaderisasi dapat terus dijaga dan dipertahankan.

“Melalui GEMA INTI diharapkan Perhimpunan INTI akan memiliki kader-kader yang berkualitas dalam beberapa tahun mendatang,” ucapnya.

Dalam diskusi internal Pengurus Pusat GEMA INTI, Ketua GEMA INTI Pusat Krista Wijaya menyampaikan bahwa ke depannya Pengurus Pusat akan melakukan kunjungan ke daerah-daerah untuk konsolidasi dan menyatukan gerakan GEMA INTI Pusat dan setiap daerah.

“Kami berharap agar GEMA INTI di setiap daerah dapat menyatukan derap langkah dan bergerak bersama. Pergerakan boleh berbeda, namun warna dan irama yang dibawakan tetap menggambarkan nilai-nilai GEMA INTI yang nasionalis, peduli, dan pluralis,” Yusuf Wijaya turut menyampaikan aspirasinya.

Generasi Muda Indonesia Tionghoa (GEMA INTI) mengadakan kaderisasi dalam rangka Sumpa Pemuda pada 25-27 Oktober. (Foto: GEMA INTI)
Generasi Muda Indonesia Tionghoa (GEMA INTI) mengadakan kaderisasi dalam rangka Sumpa Pemuda pada 25-27 Oktober. (Foto: GEMA INTI)

Konsep kaderisasi telah digodok selama beberapa bulan bersama dengan Ketua Bidang Pelatihan dan Kaderisasi Perhimpunan INTI Pusat Kurnia Setiawan. Hal ini merupakan langkah GEMA INTI Pusat dalam bersinergi dengan Perhimpunan INTI Pusat dalam langkah gerak dan irama baik secara strategis maupun teknis.

Baca Juga:

GEMA INTI Kirim 100.000 Masker Bantuan Untuk Sulawesi Tengah

Sampai dengan saat ini, 20 peserta telah terpilih untuk mengikuti Kaderisasi. Para kader berasal dari Jakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Tengah, Banten, dan Kalimantan Utara.

Melalui kaderisasi ini, panitia mengharapkan agar nilai-nilai nasionalis, peduli, dan pluralis yang selama ini menjadi napas GEMA INTI dapat diresapi oleh seluruh peserta, bukan hanya dalam pikiran namun juga tindakan kesehariannya.

Sementara itu, tepat pada hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019, PD GEMA INTI Banten bakal mengadakan Festival Merah Putih dengan tema Bilik Kain Sumpah Pemuda, yang juga merupakan salah satu agenda besar tahunan Gema INTI selain kaderisasi.

Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Sumpah Pemuda lainnya di berbagai daerah, Gema INTI Pusat juga sekaligus melakukan pelantikan pengurus di dua daerah, GEMA INTI Bali pada tanggal 19 Oktober 2019 dan GEMA INTI Sumut pada tanggal 3 November 2019, kedua daerah akan dilantik untuk masa jabatan 2019-2023.
(*)

Baca Juga:

Outbond Taplai Tempa Jiwa Kepemimpinan Gema INTI


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH