Peringati Hari Pahlawan, Anies Punya Tradisi Ziarah ke Makam MH Thamrin

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 10 November 2021
Peringati Hari Pahlawan, Anies Punya Tradisi Ziarah ke Makam MH Thamrin
Gubernur Anies Baswedan bersama Wagub Riza Patria saat memperingati Hari Pahlawan di halaman Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/11). (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta memperingati Hari Pahlawan di halaman Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/11) pagi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara dalam kegiatan tersebut.

Dalam pidatonya, Anies mengenang sosok Muhammad Husni (MH) Thamrin yang merupakan tokoh Betawi yang sudah berjasa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga:

Jokowi Beri Gelar Tokoh Jakarta, Banten, Kaltim dan Sulteng Pahlawan Nasional

"Hidupnya dihibahkan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Betawi di masa itu dan untuk ikhtiar Indonesia merdeka," kata Anies, Rabu (10/11).

Anies mengaku, sebelum menghadiri upacara bendera peringatan hari pahlawan, menyempatkan diri menyambangi makam MH Thamrin di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Menurut dia, kegiatan ziarah ini akan menjadi agenda rutin tiap tahunnya nanti, tepat di Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November.

"Insyaallah ini akan jadi tradisi baru bahwa setiap tanggal 10 November ada kegiatan ziarah di TPU Karet Bivak, dis analah Muhammad Husni Thamrin dimakamkan," papar dia.

Baca Juga:

Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di Makam BJ Habibie Sampai Ani Yudhoyono

Lebih lanjut, saking berjasanya di tanah Betawi, nama MH Thamrin diabadikan menjadi nama sebuah jalan yang berada di jantung ibu kota. Hal ini dimaksudkan untuk mengenang jasa dan perjuangan beliau memerdekaan Indonesia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta, masyarakat turut meneladani MH Thamrin dan sosok pahlawan lainnya yang sudah berjuang demi kepentingan bangsa.

"Ini pelajaran yang harus diambil ketika kita memperingati hari pahlawan. Jadilah masing-masing kita pahlawan memilih mementingkan orang banyak di atas kepentingan pribadi," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Hari Pahlawan Jangan Hanya Seremonial Belaka

#Anies Baswedan #Hari Pahlawan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan