Peringati Hari Lahir Pancasila, Jokowi Napak Tilas ke Penjara Banceuy Monumen Bung Karno di antara pertokoan bekas penjara Banceuy (Foto: Wordpress)

Merahputih Nasional- Presiden Jokowi bersama sejumlah petinggi negara berencana melakukan napak tilas peringatan pidato Presiden RI Pertama, Bung Karno, 1 Juni 1945 sekaligus Hari Lahir Pancasila, dengan berjalan kaki dari Gedung Merdeka ke Lapas Banceuy Bandung, Rabu (1/6) mendatang.

Diketahui, gelar napak tilas ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Bandung Jawa Barat. Adapun agenda lain yang bakal digelar sebelum puncak kegiatan tersebut, diantaranya Tanggal 30 Mei 2016 bertempat di Gedung Merdeka akan digelar acara Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat bertema 'Peringatan Pidato Bung Karno Menggali Pancasila.'

Selanjutnya, pada 30 Mei 2016 pukul 20.00 WIB, di Jalan. Dr. Ir. Sukarno, Bandung, akan digelar pagelaran seni budaya Wayang Golek dengan lakon Semar Tandang.

Kemudian pada 31 Mei 2016, di Universitas Padjadjaran, akan digelar acara Seminar Nasional Kebangsaan dengan tema 'Pancasila Ideologi Bangsaku, Gotong Royong Semangat Negeriku.'

Seperti diketahui Penjara Banceuy merupakan bangunan yang didirikan Belanda pada tahun 1877, pada awalnya penjara ini berlokasi di jalan Banceuy yang kemudian dipindah ke Jalan Soekarno-Hatta Bandung.

Lokasi penjara Banceuy yang dibangun Belanda kini telah berubah menjadi pertokoan, namun tetap membiarkan bekas penjara yang dulu pernah dihuni Bung Karno.

Berdasarkan catatan sejarah Bung Karno ditangkap Belanda tanggal 29 Desember 1929, bersama sejumlah rekannya Maskoen, Soepriadinata dan Gatot Mangkoepraja lantaran melakukan propaganda politik di Solo dan Yogyakarta.

Setelah ditangkap di Yogyakarta, Bung Karno bersama teman-temannya kemudian dijebloskan ke Penjara Banceuy Bandung selama 8 bulan. Di penjara inilah, Bung Karno kemudian menyusun pledoi yang sangat terkenal yang diberi judul 'Indonesia Menggugat.'

BACA JUGA:

  1. Saat Jokowi Sebut Gaya Rambut Kaesang Mirip Batok Kelapa
  2. Presiden Jokowi Terus Imbau Masyarakat untuk Berpartisipasi dalam Sensus Ekonomi
  3. Jokowi Umumkan Perppu Kebiri
  4. Jokowi Evaluasi Paket Kebijakan Ekonomi
  5. Beri Semangat Anggota HIPMI PT, Jokowi: Saya Pernah Tiga Kali Hilang Rem


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH