Hari Kebangkitan Nasional

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Lakukan ini Sob!

Rina GarminaRina Garmina - Minggu, 20 Mei 2018
Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Lakukan ini Sob!
Memeringati Harkitnas lewat upacara bendera. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

HARI ini, 20 Mei, adalah Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Lahir sebagai bentuk peringatan munculnya organisasi Budi Utomo pada 1908. Sebagai anak muda, kamu sudah sepatutnya memeringati Hari Kebangkitan Nasional untuk mengenang jasa pelajar STOVIA. Mereka ialah para pendiri Budi Utomo.

Peringatan Harkitnas tidak melulu mesti dirayakan dengan upacara. Sebagai anak muda, banyak hal bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan jiwa nasional dalam diri. Berikut hal-hal yang dapat membangkitkan jiwa nasionalis.

1. Mendengarkan lagu nasional

Cokelat
Lagu 'Garuda' dari Cokelat dapat membangkitkan jiwa nasionalis. (Foto: Instagram)

Di Harkitnas, ayo dengarkan lagu nasional dan musik karya musisi Tanah Air yang liriknya mampu meletupkan kembali rasa bangga akan Indonesia. Untuk lagu nasional, kamu bisa mendengarkan ‘Berkibarlah Benderaku’, ‘Garuda Pancasila’ atau ‘Maju Tak Gentar’. Atau, dengarkan lagu karya Cokelat, ‘Garuda’, lalu ‘Dari Mata Sang Garuda’ ciptaan Pee Wee Gaskins. Nada riang lagu-lagu tersebut bisa membangkitkan semangat.

2. Ziarah ke taman makam pahlawan

Taman Makam Pahlawan
Ziarah ke taman makam pahlawan bisa dilakukan saat Harkitnas. (Foto: ANTARA)

Ziarah bukan cuma bisa dilakukan ke makam keluarga, tetapi juga taman makam pahlawan. Setiap kota punya taman makam pahlawan. Saat berkunjung ke sana, kamu akan teringat jasa besar para pahlawan bagi negara. Jangan lupa doakan para pendahulu sebagai bentuk terima kasih atas perjuangan mereka. Tanpa perjuangan para pahlawan, mungkin hidupmu tidak senyaman sekarang.

3. Bakti sosial

Baju bekas
Donasikan baju layak pakai ke panti asuhan. (Foto: Pixabay)

Bakti sosial merupakan aktivitas tepat di Harkitnas. Kegiatan ini juga bisa menumbuhkan kembali semangat gotong royong dan kepedulian kepada sesama. Jika waktunya sudah mepet seperti sekarang, tidak perlu bakti sosial berskala besar. Cukup kumpulkan baju-baju bekas layak pakai kamu, lalu sumbangkan ke panti asuhan.

4. Dialog interaktif

dialog interaktif
Dialog interaktif bisa meletupkan semangat nasionalis. (Foto: Pixabay)

Saat ini sudah banyak anak muda melupakan nilai-nilai kebangkitan nasional. Kamu bisa menumbuhkan kembali nilai-nilai tersebut lewat dialog interaktif. Ajak teman-temanmu mengikuti dialog interaktif ini. Sedikit menguras tenaga dan pikiran, tetapi efek positifnya bagus untuk menambah pengalaman kamu dan bisa kamu cantumkan dalam CV saat melamar kerja.

5. Beli produk lokal

Tas rotan bundar Bali
Raisa mengenakan produk lokal, tas rotan Bali. (Foto: Instagram)

Masih tergila-gila pada merek asing? Mulai sekarang, bangkitkan jiwa nasionalis kamu dengan membeli produk lokal. Cintai lah produk buatan dalam negeri. Jika pebisnis lokal maju, Indonesia bisa maju. Dan ada peran kamu di dalamnya.

6. Bersih-bersih

Sapu
Bangkitkan semangat gotong royong dengan membersihkan kompleks bersama. (Foto: Pixabay)

Mumpung Harkitnas jatuh pada hari Minggu, tidak ada salahnya kamu mengajak tetangga membersihkan kompleks. Buang sampah pada tempatnya. Lingkungan bersih, bebas sampah dan saluran air lancar bisa membuat kompleksmu lebih indah dan tentu saja mengurangi risiko banjir. Budi Utomo saja didirikan bareng-bareng, masa kamu dan tetanggamu enggak bisa kompak membersihkan kompleks bersama?

Nah, enggak sulit kan memeringati Harkitnas? Yuk lakukan sekarang juga, mumpung momentumnya pas. (Rin)

#Hari Kebangkitan Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan