Peringatan HPN, Jokowi Yakin Media Mainstream Tak Tergilas Media Sosial Presiden menjawab pertanyaan wartawan di Sawahlunto, Sumbar, Kamis (8/2). (Foto: Humas/Jay/setkab.go.id)

MerahPutih.com - Puncak Peringatan Peringatan Hari Pers Nasional 2018 dilangsungkan di Danau Cimpago, Pantai Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2) pagi. Presiden Joko Widodo pun hadir dalam acara tersebut.

Pantauan MerahPutih.com, Jokowi- sapaan akrab Joko Widodo- tiba di lokasi sekitar pukul 10.00. Dia didampingi beberapa menteri, Kapolri, Panglima TNI, Ketua DPR, Ketua MPR, Ketua DPD dan dubes beberapa Negara.

"Terima kasih Bapak Presiden Jokowi yang sudah empat kali menghadiri Hari Pers Nasional," kata Ketua Umum PWI Margiono, dalam sambutannya.

Menurut Margiono, Jokowi sudah banyak berjasa untuk kemajuan dunia pers. Apalagi, sekarang apapun yang dilakukan Jokowi akan menjadi perhatian wartawan.

"Kami (wartawan) selalu mengikuti bapak dan mencatat apa pun yang bapak lakukan," kata dia.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan bahwa sekarang kondisi pers di tanah air begitu bagus.

Di Indonesia, kata dia, kini ada sekitar 47 ribu media. 43 ribu di antaranya adalah media online, 2 ribu media cetak, 474 media radio, dan sisanya televisi.

Selain itu Dewan Pers juga juga telah melakukan verifikasi para insan pers. "Sekarang sudah ada 14 ribu wartawan yang sudah terverifikasi sebagai wartawan profesional," kata Yosep.

Namun yang menjadi perhatian adalah kini banyak bermunculan media-media yang bisa dianggap tidak jelas dan terbit Hanya mengandalkan APBD. Namun, dia pun yakin ke depan, Dunia pers Indonesia semakin maju.

Sementara itu, Jokowi menyampaikan keyakinan bahwa di era medsos ini, media konvensional akan terus diperlukan sebagai pilar penyebar kebenaran. "Pers sangat diperlukan untuk memunculkan narasi budaya dan peradaban baru."

"Saya berharap insan pers menjadi penyebar kebenaran, informasi dan aspirasi. Selamat hari pers!" serunya.

Sebelumnya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bermalam di Kabupaten Tanah Datar. Meraka akan terlebih dahulu menyambangi Desa Terindah, Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

Nah, dari Desa Terindah, Jokowi langsung menuju tempat pelaksanaan Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2018.

Selepas menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Raya Sumatra Barat, Presiden akan menyerahkan sertifikat tanah wakaf serta berkunjung ke Universitas Negeri Padang (UNP).

Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden juga akan menghadiri _groundbreaking_ Jalan Tol Padang-Pekanbaru Tahap I (Padang-Sicincin). (*)

Kredit : thomaskukuh


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH