Peringatan Hari Guru, Nadiem: Guru di Seluruh Indonesia Menangis

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 25 November 2021
Peringatan Hari Guru, Nadiem: Guru di Seluruh Indonesia Menangis
Guru sedang mengajar. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021, dalam kondisi prihatin. Guru dari Sabang sampai Merauke, saat ini kondisinya terpukul secara ekonomi, kesehatan, dan secara batin.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengenang perjuangan para guru di awal pandemi COVID-19, para guru harus mengubah skema pembelajaran.

Baca Juga:

Hari Guru Nasional 2021, Standar Upah Guru Honorer Masih di Bawah Gaji Buruh

Saat menjadi pembina Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2021 di kantor Kemendikbudristek yang disiarkan di kanal YouTube Kemendikbud RI, ia menuturkan, tenaga pengajar, mau tidak mau, harus mendatangi rumah-rumah pelajar untuk memastikan mereka tidak ketinggalan pelajaran.

Nadiem yang mengenakan pakaian khas adat ulos Mandailing, Sumatea Utara menegaskan, guru harus mempelajari teknologi yang belum pernah mereka kenal dan menyederhanakan kurikulum untuk memastikan murid tidak belajar di bawah tekanan.

Mantan bos Gojek ini mengatakan, guru di seluruh Indonesia menangis melihat murid mereka semakin hari semakin bosan, kesepian dan kehilangan disiplin. Tapi, tekanan psikologis juga dirasakan para guru karena pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Selain itu, lanjut ia, banyak guru mengalami tekanan ekonomi untuk memperjuangkan keluarga mereka agar bisa makan.

"Sangat wajar jika dalam situasi ini banyak guru yang terdemotivasi," ucapnya.

Nadiem menceritakan, saat sarapan bersama guru, mendengarkan terobosan-terobosan yang ingin dilakukan oleh guru dan sekolah. Mendengar cerita itu, Nadiem sadar, pandemi ini juga tidak memadamkan semangat para guru, tapi menyalakan obor perubahan.

"Guru-guru se-Indonesia menginginkan perubahan, dan kami mendengar,” ucap Nadiem dengan nada tinggi dan tegas.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan Hari Guru dan berterima kasih atas dedikasi para guru yang tulus dalam menyemai tunas generasi bangsa Indonesia. Pemerintah, janjinya, akan terus memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya dengan meningkatkan kesejahteraan para guru di berbagai daerah.

"Dari satu profesi guru, lahirlah berbagai profesi lainnya," katanya.

Menurut Ma'ruf, guru bukan sekadar profesi, melainkan tugas mulia para pendidik untuk membentuk karakter, mengasah kemampuan, dan mempersiapkan masa depan bangsa Indonesia. Pemerintah berupaya mewujudkan cita-cita sebagai negara dengan sumber daya manusia (SDM) unggul dan maju sehingga guru memiliki peran sangat penting.

"Di tengah kemajuan teknologi, peran guru amat vital dan tidak tergantikan," katanya. (Knu)

Baca Juga:

Hari Guru Nasional, Tunjukkan Apresiasi lewat Fasilitas Mengajar Nyaman

#Hari Guru Nasional #Selamat Hari Guru Sedunia #Guru #Nadiem Makarim
Bagikan
Bagikan