Peringati Hari Kesetiakawanan Nasional, Khofifah Berangkatkan Tim LKBS Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

MerahPutih.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan tim lintasbatas kesetiakawanan sosial (LKBS) yang terdiri dari berbagai elemen organisasi sosial.

Meraka dilepas dari depan Pendopo Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada Jumat (8/12).

Rencananya, tim selanjutnya akan menyusuri rute selatan untuk menuju Surabaya pada peringatan puncak Hari Kesetiakawanan Nasional, 20 Desember 2017 mendatang.

"Telah ada kebersamaan, kegotongroyongan. Tekad kerelawanan ini perlu dijaga oleh sikap-sikap produktivitas dan energi positif kita bersama," kata Khofifah seperti dilansir Antara.

Khofifah sendiri meminta agar semua elemen masyarakat dari lintas daerah, golongan, maupun agama untuk mendedikasikan energi positifnya bagi pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu ditandai dengan gerakan bersama-sama, berupa aksi gotong-royong membersihkan sisa-sisa banjir bandang dan dimulainya perjalanan tim LKBS kelompok selatan.

"Terima kasih atas tekad, ikhtiar, kebersamaan, dan kebersatuan para relawan. Selamat bertugas. Semoga kegotongroyongan ini dapat kita jaga dan tingkatkan bersama," katanya.

Setelah diberangkatkan dengan kibaran bendera start, secara maraton tim LBKS akan menempuh perjalanan ratusan kilometer, dari Kabupaten Pacitan menuju Kabupaten Ponorogo. Kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Trenggalek-Tulungagung-Blitar-Malang-Surabaya.

Selesai pelepasan tim LKBS, Mensos Khofifah melanjutkan kegiatan penyaluran bantuan korban bencana di Ponpes Al-Anwar, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan. (*)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH