Perilisan iPhone 15 Berpotensi Diundur

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 21 Juli 2023
Perilisan iPhone 15 Berpotensi Diundur
Penggemar harus lebih bersabar menanti kedatangan iPhone 15 terbaru. (9to5mac)

KABAR kurang sedap bagi para penggemar iPhone 15 yang sangat menantikannya. Peluncuran ponsel pintar generasi terbaru ini mungkin akan mengalami penundaan beberapa minggu. Klaim ini datang dari Wamsi Mohan, Analis Riset Global dari Bank of America.

Dalam catatan penelitian yang dikutip oleh situs berita keuangan Barron's, Mohan memperkirakan bahwa perangkat tersebut akan dirilis pada bulan Oktober. Bukan pada bulan September seperti biasanya Apple merilis iPhone.

Perlu diingat untuk menerima pernyataan ini dengan hati-hati karena Mohan tidak menjelaskan secara rinci alasan ia meyakini adanya penundaan; dia hanya menyatakan bahwa ada penundaan. Namun, berita terbaru dari situs berita teknologi The Information mungkin memberikan wawasan tentang penyebab penundaan tersebut.

Baca Juga:

Apple akan Gunakan USB-C di iPhone 15

iPhone 15 mengalami masalah manufaktur. (Unsplash/Tyler Lastovich)

Dikabarkan bahwa Apple mengalami masalah dalam proses manufaktur saat merakit iPhone 15 Pro dan Pro Max. Sumber yang dekat dengan situasi tersebut mengklaim bahwa "pemasok perusahaan menggunakan proses manufaktur baru" untuk mempersempit ukuran bezel di sekitar layar.

Informasi tersebut menyatakan bahwa ini akan memungkinkan model iPhone 15 kelas atas memiliki layar yang lebih besar, namun tetap pada ukuran yang sama dengan perangkat sebelumnya.

Sebenarnya, hal seperti ini tidak sepenuhnya baru karena The Information mengungkapkan hal serupa pernah terjadi pada Apple Watch 7 tahun 2019 lalu. Apple ingin jam tangan pintar tersebut memiliki layar yang lebih besar dari model sebelumnya. Namun, juga terjadi penundaan dalam kasus tersebut, sekitar satu bulan.

Namun, dalam kasus iPhone 15, The Information memprediksi Apple mungkin akan memproduksi lebih sedikit unit untuk model kelas atas daripada menunda peluncurannya. Masalahnya dikatakan lebih parah dengan iPhone 15 Pro Max, yang menunjukkan bahwa akan ada kekurangan yang lebih serius untuk model tersebut daripada iPhone 15 Pro.

Baca Juga:

Desain iPhone 15 Tersebar, Tampilkan Kamera Lebih Besar dan Port USB-C

iPhone 14 Plus juga mengalami kemunduran. (Apple)

Mengenai iPhone 15 versi dasar, tampaknya semuanya berjalan dengan lancar tanpa masalah produksi yang signifikan. Tentu saja, sulit untuk mengatakan seberapa besar kemungkinan penundaan yang akan terjadi.

Penundaan jarang terjadi pada peluncuran iPhone, tetapi pernah terjadi sebelumnya, seperti contoh dengan iPhone 14 Plus yang mengalami penundaan beberapa minggu pada tahun 2022.

Namun, Apple mungkin telah belajar dari pengalaman sebelumnya. Riset dari DSCC (Digital Supply Chain Consultants) menunjukkan bahwa perusahaan telah meningkatkan persediaan layar posnselnya untuk memenuhi permintaan konsumen dan menghindari kelangkaan.

Dalam situasi apapun, hikmah dari semua ini adalah bahwa walaupun ada penundaan, kemungkinan penundaannya tidak terlalu lama. Hal yang sama terjadi dengan iPhone 12 pada tahun 2020 yang mengalami penundaan beberapa minggu karena masalah pasokan global. (waf)

Baca Juga:

iPhone 15 akan Dibekali Kamera 48 MP

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan