Perilaku Tak Terduga Ini Indikasi Gangguan Bipolar Tanda tanda tak terduga bipolar (Sumber: BPHope)

BEBERAPA waktu belakangan sejumlah publik figur muncul dengan pernyataan mengejutkan. Publik figur seperti Marshanda dan Medina Zein mengaku mengidap gangguan mental bipolar.

Hal ini sebenarnya tak mengherankan karena bipolar adalah salah satu gangguan mental dengan jumlah pengidap terbanyak. Sekitar 46 juta orang di seluruh dunia diketahui mengidap gangguan bipolar.

Baca juga:

Perempuan, Menjadi Optimis Membuat Panjang Umur

Ttapi bipolar tak bisa dianggap remeh. Jika tidak ditangani dengan tepat, gangguan kejiwaan ini dapat mengganggu aktivitas pengidapnya. Bipolaritas dapat memengaruhi energi, suasana hati, dan interaksi sosial pengidapnya.

Kadangkala, bipolar tidak hadir dengan ciri-ciri ekstrem. Sejumlah perilaku tidak terduga yang bisa kita temui sehari-hari pun bisa mengindikasi kita mengidap bipolar:

1. Insomnia

Insomnia
Gangguan Tidur (Sumber: Freepik)


Pola tidur seseorang cenderung berubah ketika mereka memiliki gangguan bipolar. Para pengidap bipolar biasanya mengalami insomnia yang berlangsung selama berminggu-minggu. Anehnya, kebutuhan tidur pengidap bipolar dapat berkurang dan membuat mereka tidak merasa lelah sepanjang hari.

2. Sulit Berkonsentrasi

Sulit fokus
Sulit fokus (Sumber: Sleep Hearty)


Orang-orang dengan bipolar mudah terganggu dimanapun mereka berada. Ketika mereka mencoba fokus pada satu tugas, tiba-tiba saja mereka memikirkan hal lain. Ini dapat membuat mereka sulit menyelesaikan tugas.

Baca juga:

Tak Selalu Manis, Percintaan Juga Punya Sisi Pahit


3. Terlalu Percaya Diri

Bipolar
Percaya Diri (Sumber: Edgy)


Bipolar membuat pengidapnya mengalami gangguan delusi. Mereka merasa superior dan kebal. Mereka juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Orang dengan bipolar percaya bahwa mereka memiliki kedudukan penting di masyarakat, memiliki kekuatan super dan pengetahuan yang begitu luas.

4. Terlalu Banyak Bicara

Aktif bicara
Terlalu banyak bicara (Sumber: Quora)


Salah satu ciri yang paling mudah dikenali dari bipolar adalah pikiran mereka yang berlomba-lomba ketika sedang berbicara pada orang lain. Mereka dapat dengan mudah lompat dari satu subjek ke subjek lainnya sehingga memberi kesan mereka terlalu banyak bicara. Mereka juga memiliki keinginan besar untuk bicara dalam waktu yang lama dan membicarakan banyak hal.



5. Berada dalam Suasana Hati Yang Hebat

Manic Depresi
Suasana hati ekstrem (Sumber: Trastorno)


Orang dengan bipolar dapat mengalami episode mood yang meningkat. Ini dikenal dengan sebutan episode manik. Di fase manik ini, mereka akan merasa sangat bahagia dan bersemangat tentang segala hal. Mereka seolah mengalami hal terbaik dalam hidup mereka. Episode ini biasanya diiringi oleh episode depresi. Ketika dalam episode depresi para penderitanya merasa tak berguna dan kehilangan semangat hidup.

Baca juga:

Main Gadget saat Perjalanan Darat Bukin Pusing, Ini Alasan Medisnya

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH