Periksa Sekjen PDIP Hasto, KPK Dalami Percakapan Soal PAW Harun Masiku Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai diperiksa KPK di Jakarta, Rabu (26/2) (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam kasus dugaan suap pengurusan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR yang menjerat caleg PDIP Harun Masiku.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, dalam pemeriksaan ini, penyidik mencecar Hasto terkait percakapan mengenai proses PAW Harun Masiku. Percakapan tersebut diperoleh penyidik dari bukti elektronik yang disita sebelumnya.

Baca Juga:

KPK Kembali Periksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

"Hari ini kami kembali periksa Hasto Kristiyanto sebagai saksi selaku Sekjen PDIP di mana pemeriksaan hari ini merupakan pendalaman pemeriksaan sebelumnya dan lebih fokus kepada terkait konfirmasi isi dari barang bukti elektronik," kata Ali di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (26/2).

Ali menyebut pemeriksaan Hasto pada hari ini untuk melengkapi berkas penyidikan dengan tersangka mantan komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (MP/Ponco)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (MP/Ponco)

Meski demikian, Ali enggan membeberkan mengenai isi percakapan yang dikonfirmasi penyidik kepada Hasto. Termasuk saat dikonfirmasi munculnya nama Hasto dalam percakapan tersebut.

"Bahwa mengenai nama, materi seperti apa, saya sampaikan secara umum bahwa itulah yang kemudian dipertanyakan kepada para saksi oleh penyidik KPK. Namun tentang detailnya seperti apa, tentu belum bisa saya sampaikan hari ini," ujarnya.

Baca Juga:

Begini Pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Usai Diperiksa KPK

Tak hanya kepada Hasto, tim penyidik juga mendalami mengenai percakapan tersebut kepada Nurhasan, satpam di kantor Hasto. Nurhasan juga diperiksa sebagai saksi pada hari ini. Namun, Ali berkukuh enggan mengungkap isi percakapan yang sedang didalami penyidik.

"Detailnya enggak bisa disebutkan termasuk saksi terakhir Pak Nurhasan, penjaga atau tenaga keamanan di Kantor Hasto, itu juga mengonfirmasi beberapa percakapan dan komunikasi melalui barang bukti dan elektronik," kata Ali.

Ali berdalih tak dapat menyampaikan isi percakapan karena terkait dengan proses penyidikan. "Nanti di persidangan tentu akan dibuka seluas-luasnya oleh jaksa penuntut umum yang akan menyidangkan perkara keempat tersangka ini," tutup Ali. (Pon)

Baca Juga:

Tunggu Rekomendasi Turun, Gibran Kirim Foto-Foto Blusukan ke Hasto dan Puan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH