Perhimpunan INTI Terus Bergerak Bantu Pencegahan Virus Corona

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 18 Maret 2020
Perhimpunan INTI Terus Bergerak Bantu Pencegahan Virus Corona
Perhimpunan INTI mengadakan beberapa kegiatan penyuluhan kesehatan dan bantuan alat pencegahan virus corona. (Foto: INTI)

MerahPutih.com - Mengantisipasi meluasnya wabah virus novel corona atau Covid-19 di Indonesia, Perhimpunan INTI mengadakan beberapa kegiatan penyuluhan kesehatan dan pembagian masker di SMA-SMK YADIKA 7 Bogor, Jawa Barat, dan Perguruan Setia Bhakti Tangerang, Banten.

Selain penyuluhan kesehatan dan pembagian masker di kedua tempat tersebut, INTI juga memberikan masker dan cairan antiseptik (hand sanitizer) ke Sekolah Pah Tsung, Jakarta, dan masyarakat di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Baca Juga:

Ini Perbedaan Alergi Biasa dan COVID-19

INTI juga membuat ratusan hand sanitizer untuk diberikan secara cuma-cuma kepada yang membutuhkan.

“Jadi INTI membeli hand sanitizer literan, kemudian dipindahkan ke botol 100 ml sehingga bisa lebih menjangkau banyak pengguna yang membutuhkannya”, ujar Santi Ding, Juru Bicara INTI.

Santi menambahkan, kegiatan penyuluhan kesehatan dan pembagian masker di SMA-SMK YADIKA 7 Bogor dipimpin oleh Wakil Sekjen INTI Candra Jap, yang didampingi Ketua Bidang Sosial CSR Anna Hartawan hadir langsung memimpin rombongan yang terdiri dari INTI Bogor yaitu sinshe Budiman Oetama, Wijaya Setiawan, Eggi Wilianto. Lalu dari Program Beasiswa Pelangi INTI hadir Imanuel Ginting, Rudi Yanto, Imandega Muhamad dan para alumni Beasiswa Pelangi yaitu Lie Henry, Dika Angelia, Suherlan Pranjaya. Serta Nisa Johan salah seorang mahasiswi penerima beasiswa INTI-CGS kuliah di Beijing, Tiongkok.

Perhimpunan INTI mengadakan beberapa kegiatan penyuluhan kesehatan dan bantuan alat pencegahan virus corona. (Foto: INTI)
Perhimpunan INTI mengadakan beberapa kegiatan penyuluhan kesehatan dan bantuan alat pencegahan virus corona. (Foto: INTI)

Penyuluhan kesehatan yang mengangkat tema "Terlindungi Dari Penyakit Menular" dibawakan oleh sinshe Budiman Oetama dari INTI Bogor. Salah satu pesan yang disampaikan adalah pentingnya menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan herbal agar terhindar dari berbagai virus penyakit.

Point daripada penyuluhan tersebut adalah fakta bahwa Indonesia sejak dulu terkenal memiliki kekayaan rempah-rempah luar biasa yang menarik dunia. Ditambah keahlian meracik menjadi jamu, itu semua adalah kearifan lokal warisan bangsa untuk mencegah datangnya penyakit.

Dalam kesempatan tersebut, Wasekjen INTI Candra Jap dalam sambutannya menyampaikan kegiatan penyuluhan dan pembagian masker adalah inisiatif dari Ketua Umum INTI Teddy Sugianto dan Ketua Bidang Sosial CSR Anna Hartawan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang dilanda kepanikan akibat munculnya wabah virus corona di Indonesia. Mereka berharap semoga apa yang kami lakukan hari ini dapat menginspirasi banyak orang untuk tetap ingat, saling peduli dan berbagi kepada sesama di tengah kesulitan apa pun.

Untuk kegiatan penyuluhan di Perguruan Setia Bhakti Tangerang, Banten, ratusan siswa-siswi SMA dan SMK Setia Bhakti tampak serius dan antusias menyimak setiap materi penyuluhan "Terlindungi Dari Penyakit Menular" yang dibawakan oleh sinshe Budiman Oetama dari INTI Bogor.

Dalam kegiatan ini, Santi menambahkan, bahwa diingatkan oleh narasumber, yang terpenting menjaga daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan herbal agar terhindar dari berbagai virus penyakit.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Wakil Sekjen INTI Candra Jap didampingi Ketua INTI Banten Rudi Gunawijaya serta dari GEMA INTI Banten Rivaldi Buntoro dan Mahathir Dimiyati Wijaya. Sementara dari INTI Bogor hadir Wijaya Setiawan dan Eggi Wilianto. Lalu dari program Beasiswa Pelangi INTI hadir Mellisa Wijaya dan Joshua Pangestu. Serta Seruni Ekaputri, Lavenia, Nisa Johan para penerima beasiswa INTI-CGS kuliah di Tiongkok dan Johny Sia (Wakil Sekretaris INTI Sumut).

Setelah mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan di Bogor dan di Banten, INTI langsung ikut dalam Kegiatan Bakti Sosial Terpadu TNI-Polri tahun 2020 pada di RPTRA Nyiur Melambai, Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Panglima Kogabwilhan 1 (Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1) Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E., M.M. (mewakili Panglima TNI) yang didampingi oleh Kabaharkam (Kepala Badan Pemelihara Keamanan) Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto SH, MH, (mewakili Kapolri). Turut hadir Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad, perwakilan BNPB, Wakapolda Metro Jaya, Kabid TIK Polda Metro Jaya, Kapolres Kepulauan Seribu, Pangkoops TNI, dan Aster TNI.

Sementara, Ketua Umum INTI Teddy Sugianto hadir memimpin rombongan yang terdiri Wakil Ketua Umum Budi S Tanuwibowo dan Edi Yansah, Wakil Sekjen INTI Candra Jap, Ketua Bidang Sosial dan CSR Anna Hartawan, Ketua Bidang Kesehatan Sujanto Mardjuki, Ketua Bidang Dana Imelda Wijaya dan Wakil Devia Mayasari, Wakil Ketua Bidang Hukum sekaligus Jubir Lexyndo Hakim. Dari PINTI (Perempuan INTI) hadir Ayling Wijaya dan Teresia ditambah Ketua GEMA INTI Krista. Sedangkan dari Beasiswa Pelangi hadir Eggi Willianto, Rudi Yanto, Joshua Pangestu, Johny Sia (Wakil Sekretaris INTI Sumut) dan Adimura.

Adapun kegiatan bakti sosial diawali dengan penanaman mangrove dan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan gratis (poli umum, spesialis, mata, gigi serta khitanan massal) serta pembagian paket sembako. Selain itu juga dilakukan peresmian Posyandu Mawar 1 Pulau Kelapa bantuan INTI berupa penandatangan prasasti oleh Panglima Kogabwilhan 1 Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

Perhimpunan INTI mengadakan beberapa kegiatan penyuluhan kesehatan dan bantuan alat pencegahan virus corona. (Foto: INTI)
Perhimpunan INTI mengadakan beberapa kegiatan penyuluhan kesehatan dan bantuan alat pencegahan virus corona. (Foto: INTI)

Santi menceritakan bahwa Pangkogabwilhan 1 Laksdya TNI Yudo Margono berharap semoga bakti sosial kesehatan ini bisa membawa kebaikan buat kita semua. Meningkatkan seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan pembangunan nasional.

Sementara Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad dalam sambutannya menyampaikan kegiatan bakti sosial ini menunjukkan bahwa peran TNI dan POLRI tidak hanya menjaga keamanan dan pertahanan, tetapi juga menaruh perhatian terhadap kesehatan masyarakat.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada TNI, POLRI, INTI dan semua pihak yang telah memberikan perhatian lebih kepada warga Kepulauan Seribu.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Umum INTI Teddy Sugianto yang disaksikan oleh Pangkogabwilhan I menyerahkan bantuan ribuan masker dan puluhan botol cairan pencuci tangan (hand sanitizer) kepada Bupati Husein untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat di Kepulauan Seribu.

Bahwa penyerahan bantuan ini adalah bentuk kecintaan dan kepedulian INTI untuk Indonesia, bersama-sama saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan bantuan.

Pada hari Selasa, 17 Maret 2020 pagi, Ketua Umum INTI Teddy Sugianto, langsung menghampiri Kepala BNPB yang juga Ketua Pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid19 Letjen Doni Monardo di Kantornya Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk berkoordinasi langsung terkait pengalokasian bantuan yang ingin disampaikan oleh INTI untuk Indonesia terkait situasi dan kondisi pasca merebaknya wabah Covid19 di Indonesia dan kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah pusat.

Baca Juga:

MPR Anggap Pelarangan Masuknya WNA Efektif Putus Mata Rantai Corona

Santi menjelaskan bahwa INTI telah menerima bantuan baik dana maupun berupa barang (masker – APD – hand sanitizer) yang mungkin dapat berguna bagi masyarakat, hasil donasi dan sumbangan daripada Pengurus INTI dan beberapa Pengusaha Nasional yang mempercayakan INTI untuk menyalurkan donasi dan sumbangannya tersebut. Dan diharapkan donasi dan sumbangan masih terus mengalir, sehingga bisa bermanfaat secara maksimal dalam membantu sesama.

Dalam kesempatan itu pula, Santi menambahkan, bahwa INTI berkomitmen untuk terus bekerja memberikan segala upaya yang dimiliki untuk membantu pencegahan Covid-19, dan mengimbau untuk dapat mengikuti anjuran dan petunjuk dari Pemerintah Pusat, khususnya terkait social distancing itu.

Semua orang harus membantu pemerintah dalam penanganan wabah virus Covid-19 di Indonesia, diawali dengan kesadaran diri masing-masing, diiringi dengan doa dan keyakinan bahwa wabah virus ini dapat segera selesai, dengan kebersamaan kita saling menjaga dan memberikan ruang kepada pemerintah untuk bekerja lebih optimal. (*)

Baca Juga:

Belum Ada Upaya Luar Biasa Pemerintah Lindungi Kaum Pekerja Dari Ancaman Corona

#Virus Corona #INTI
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan