Perhimpunan INTI Lepas Para Penerima Beasiswa Kedutaan RRT ke Tiongkok Sebagian penerima beasiswa INTI berforo bersama di Sekretariat INTI. (Humas INTI)

MerahPutih.Com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bekerja sama dengan Kedutaan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) memberikan beasiswa kepada sejumlah pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliahnya di Tiongkok.

Para pelajar penerima beasiswa INTI tersebut akan menimba ilmu di sejumlah universitas terbaik yang ada di Tiongkok. Sekitar 20 pelajar yang berasal dari semua kalangan menjadi penerima beasiswa INTI.

Dalam acara pelepasan para pelajar penerima beasiswa ke Tiongkok, Wakil Ketua Umum INTI Indra Wahidin yang didampingi Pendiri INTI Nancy Widjaya, Ketua Bidang Pendidikan INTI Betty Hoo, Sekretaris INTI Pusanti dan Jubir INTI Lexyndo Hakim, berpesan agar para pelajar belajar yang tekun sembari tidak lupa untuk mencari teman yang bisa membawa pengaruh baik di Tiongkok.

"Jangan terjebak dalam hal-hal negatif dan pandai-pandailah menyesuasikan diri dengan kultur serta kebudayaan setempat, "pesan Indra Wadidin di Jakarta, Sabtu (25/8).

INTI
Para pengurus INTI saat berfoto bersama penerima beasiswa ke Tiongkok. (Humas INTI)

Sementara itu, salah satu pendiri INTI, Nancy Widjaja berpesan kepada para penerima beasiswa agar selalu mengedepankan keutaman-keutamaan belajar seperti banyak melihat, mendengar, bicara dan baca. Selain itu penting juga untuk menulis serta mempraktekan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.

Para pelajar penerima beasiswa INTI akan menempuh pendidikan selama lima tahun di Tiongkok. Dalam kurun waktu tersebut, Bendahara Umum INTI Nurhayati Narjadin berpesan agar tidak takut salah, belajar bahasa Mandarin dan ambil hal-hal positif untuk kepentingan pengembangan ilmu serta kepribadian.

"Tidak usah bawa hal-hal yang di negara lain dianggap tidak baik dan harus saling membantu karena berada jauh dari keluarga, "pesan Nurhayati Narjadin.

Menurut Sekretaris INTI Pusanti, para penerima beasiswa INTI berasal dari sejumlah pesantren dan diterima berdasarkan rekomendasi ICMI dan NU.

INTI
Ketua Bidang Pendidikan INTI Betty Hoo saat berfoto bersama penerima beasiswa ke Tiongkok. (Humas INTI)

Pada dasarnya INTI memberikan dukungan penuh kepada para penerima beasiswa dan diharapkan setelah lulus nanti bisa memberikan dampak positif bagi lingkungannya serta menciptakan lapangan kerja.

"Ingat, kalian harus fasih bahasa Mandarin dan demi kebaikan kalian jangan takut untuk belajar dari nol lagi, "kata Pusanti.

INTI
Sekretaris INTI Pusanti saat berbicara di depan penerima beasiswa ke Tiongkok. (Humas INTI)

Atas beasiswa yang diberikan INTI kepada para pelajar, perwakilan orang tua dan penerima beasiswa mengucapkan terima kasih karena INTI bersama Kedutaan RRT telah mewujudkan impiannya.

"Selama ini kami mencari beasiswa dalam negeri saja susah apalagi ke luar negeri, dengan bantuan INTI dan Kedutaan RRT kini semuanya bisa terwujud. Kami percaya, dimana ada kemauan di situ ada jalan, "kata perwakilan orang tua siswa.

Bertindak sebagai wakil pelajar yang menerima beasiswa INTI, salah seorang siswa meminta doa dan dukungan agar kuliahnya bisa berjalan lancar sembari menambahkan bahwa usaha INTI memberikan beasiswa tak bisa tergantikan dengan apapun selain ucapan terima kasih yang tulus.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid: Jangan "Menthogutkan" Indonesia



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH