Otomotif

Perhatikan Semua Aspek Ini Ketika Menyetir di Musim Hujan dan Cuaca Ekstrem

Jurnalis MagangJurnalis Magang - Jumat, 08 Oktober 2021
Perhatikan Semua Aspek Ini Ketika Menyetir di Musim Hujan dan Cuaca Ekstrem
Perhatikan aspek ketika menyetir di musim hujan. (Foto : Kabaroto)

SAAT ini sedang masa peralihan dari musim panas ke musim hujan. Meskipun belum terlalu intens, hujan kerap turun yang mewajibkan kamu sebagai pengendara mobil mempersiapkan beberapa hal supaya dapat mengemudi mobil dengan aman dan nyaman.

Menurut Kabaroto, berikut tips mengemudi ketika musim hujan dan cuaca ekstrem, misalnya:

1. Persiapan Teknis Mobil

Pastikan kondisi teknis aman. (Foto : Unsplash/Pavlos Stamatopoulos)

Ban mobil memiliki peran sangat penting saat berkendara di musim hujan. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil.

Baca Juga :

Warga Jabodetabek Diminta Waspadai Hujan Sangat Lebat 2 Hari ke depan

Keausan ban yang yang telah melewati batas TWI akan menyulitkan ketika mengemudi di jalan licin. Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standar sehingga mobil dapat dikemudikan dengan baik di berbagai kondisi jalan.

"Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil harus bekerja ekstra keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran. Perhatikan pula jika ada saluran rem yang menetes atau bocor," terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik beroperasi waktu hujan. Cek kondisi aki mobil dan pengisian alternator untuk menjaga kinerjanya.

Wiper mempunyai peran sangat penting ketika hujan turun. Oleh karenanya, pastikan wiper dalam kondisi baik, termasuk washer pembersih kaca, serta gagang dan motor penggerak wiper. Periksa air pembersih kaca, jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor.

Perhatikan seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang guna memastikan tidak ada yang mati. Pastikan AC berfungsi baik dan dingin karena jika tidak akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu daya pandang pengemudi.

2. Persiapan Pengemudi Mobil

Pengemudia harus lebih hati-hati ketika mengemudi di jalan licin. (Foto : Kabaroto)

Sobat sebagai pengemudi juga harus mempersiapkan beberapa hal dalam menghadapi musim hujan. Seperti payung yang sangat bermanfaat di saat mendesak. Silakan periksa tempat menyimpan payung dan pastikan masih dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga :

'Orange Peel', Efek Kulit Jeruk pada Body Mobil

"Siapkan sandal plastik untuk dipakai keluar masuk mobil seperti ketika di pom bensin sehingga tidak basah atau kotor akibat becek. Di masa pandemi, selalu sediakan masker medis baru andai yang lama basah terkena hujan, termasuk kaos pengganti untuk berjaga-jaga," wantinya.

3. Persiapan Bodi Mobil

Bodi mobil dapat segera dibilas agar tidak berjamur. (Foto : Unsplash/Obi Onyeador)

Bodi mobil dapat segera dibilas saat sampai di rumah untuk menghindari bodi mobil dari jamur atau water spot sehingga cat dan bodi tetap mulus dan cerah di musim hujan. Semprot bodi mobil dengan air bersih bertekanan dari atap ke bawah untuk meluruhkan kotoran halus seperti pasir.

Selanjutnya cuci dengan shampo mobil, bilas dengan air bersih, dan keringkan. Pastikan tidak ada noda air tertinggal yang bisa mengakibatkan timbulnya jamur di kaca dan bodi mobil. (nmi)

Baca Juga :

Mencuci Mobil dengan Sabun Cair, Amankah?

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Jurnalis Magang

Bagikan