Perhatikan Posisi Tidur Berdampak pada Tubuh kamu Loh!

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 03 Maret 2020
Perhatikan Posisi Tidur Berdampak pada Tubuh kamu Loh!
Posisi tidur mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh. (Foto: Unsplash/bruce mars)

POSISI tidur ternyata memiliki dampak yang besar bagi kesehatan. Posisi yang tidak benar dapat mengakibatkan rasa sakit di bagian punggung dan leher. Juga dapat mengakibatkan keletihan, kram otot, sakit kepala, nyeri ulu hati, masalah perut, dan bahkan keriput dini.

Menurut laman Godok, ada beberapa posisi tidur yang dipercaya dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca Juga:

Bangun Tidur Kepala Terasa Berat? Bisa Jadi Kamu Waswas


Telentang

tidur
Posisi ini ternyata memiliki kecenderungan untuk membuat mendengkur. (Foto; Pixabay/Hans)

Posisi ini tak banyak yang melakukannya hanya sekitar 8 persen saja. Masuk dalam kategori posisi tidur yang baik, kepala, leher dan tulang belakang dapat beristirahat secara efektif. Posisi netral ini dapat menghindari rasa sakit, serta menangkal refluks asam. Pakailah bantal yang mengangkat kepala dengan tepat. Sayangnya posisi ini ternyata memiliki kecenderungan untuk membuat orang mendengkur.


Menyamping

tidur
Posisi tidur menyamping menangkal sakit pada punggung dan leher. (Foto: Unsplash/Maeghan Smulders)


Dikenal manjur menangkal rasa sakit pada punggung dan leher. Batang tubuh dan kaki relatif dalam posisi lurus. Posisi ini membuat kamu terhindar dari mendengkur. Juga sangat efektif untuk orang yang mengalami gangguan tidur. Sekitar 15% orang memilih tidur dengan posisi menyamping. Posisi tidur ini dapat mengakibatkan kerutan dikarena hampir separuh wajah mendorong bantal.

Baca Juga:

Susah Tidur? Yuks, Ikuti Tips Ini


Seperti janin bayi

tidur
Posisi tidur seperti janin bayi disukai oleh ibu hamil. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)


Merupakan posisi tidur yang popular karena sekitar 41% orang dewasa akan tidur dengan posisi ini. Posisi ini adalah menarik lutut ke arah dada seperti meringkuk. Umumnya posisi ini disukai oleh kaum hawa, khususnya para bumil. Posisi ini bermanfaat baik bagi mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur. Sayangnya mengakibatkan tubuh terasa sedikit sakit saat di pagi harinya, khususnya bagi penderita radang sendi atau punggung. Dianjurkan untuk meluruskannya badan sesekali saat sedang tidur agar terhindar dari ketegangan pada pinggul.


Tengkurap

tidur
Tidur tengkurap dapat mengurangi dengkur. (Foto: Pixabay/stocksnap)


Hanya 7% orang dewasa yang melakukan posisi tidur ini. Dipercaya dapat mengurangi dengkuran. Namun posisi tidur tengkurap juga berdampak buruk. Dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher, posisi ini tidak maksimal untuk menjaga tulang belakang dalam posisi netral. Selain itu, tengkurap dapat menekan bagian otot dan sendi, serta dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, nyeri, dan saraf teriritasi. (lgi)


Baca Juga:

4 Langkah Mudah dan Praktis Untuk Tidur Cepat

#Tidur #Tidur Malam #Posisi Tidur #Tempat Tidur #Kualitas Tidur #Tempat Tidur Nyaman
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan