Perhatikan Makanan Ini Sebelum Berenang Perhatikan makanan sebelum berenang. (Foto: Pexels/Tofros.com)

SETIAP orang dan keluarga menjadikan berenang sebagai aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas yang seru mulai hanya sekedar berendam di air hingga bermain dengan wahana yang disediakan oleh pengelolanya. Tak hanya itu jumlah kalori yang terbakar pun cukup banyak. Sebelum berenang sebaiknya disarankan untuk makan terlebih dahulu.

Laman Go Dok menyarankan agar menghindara makanan berikut ini sebelum berenang.

Pedas dan Gorengan

cabe
Sebelum berenang jangan banyak makan pedas. (Foto: Pixabay-HG/Fotografie)

Hindarilah mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Ini akan menyebabkan gangguan pencernaan, kram perut dan sakit maag. Juga harus menghindari makanan berlemak dan juga yang digoreng! Konsumsilah makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, kacang atau ikan.


Makanan berserat tinggi

brokoli
Hindari memakan brokoli sebelum berenang. (Foto: Pixabay/meditations)

Makanan yang berserat tinggi, memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna. Karena dapat membuat gangguan pencernaan dan mual. Kalau tetap ingin mengonsumsinya, sebaiknya makanlah sehabis berenang agar dapat meminimalisir risiko penyakit jantung dan juga diabetes. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi, seperti pasta gandung, kacang-kacangan dan brokoli.


Makanan Manis

permen
Makanan manis dapat membuat mual. (Foto: Pexels/Caio Resende)


Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis sebelum berenang dapat membuat mual. Pastikan memperhatikan label nutrisi makanan yang akan dikonsumsi terlebih sebelum berenang.


Seledri

seledri
Seledri membuat reaksi kimia pada kulit. (Foto: Pexels/Pixabay)

Seledri dapat menyebabakan reaksi kimia. Reaksinya mengakibatkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet. Jika berenang pada siang hari terpapar sinar matahari akan membuat kulit terasa kulit melepuh dan terasa perih.

Kopi

kopi
Kopi dapat membuat dehidrasi. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Kopi yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan mual hingga diare Selain itu, kafein juga dapat membuat kamu mudah dehidrasi.


Jus Buah

jus buah
Jus buah dapat menekan dinding perut. (Foto: Pexels/Element5 Digital)

Jus buah dapat menyebabkan gangguan pada perut seperti kembung dan juga kram. Ini karena kandungan yang terdapat dari jus buah, memberikan tekanan pada dinding perut. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH