Perhatikan Hidrasi Tubuh saat Cuaca Panas

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 09 Oktober 2022
Perhatikan Hidrasi Tubuh saat Cuaca Panas
Cukupi kebutuhan cairan harian. (Foto: Unsplash/Nigel Msipa)

KAMU pasti pernah merasa dehidrasi ketika cuaca panas, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk meneguk air dingin. Cairan tubuh yang hilang tersebut bisa diganti dengan mengonsumsi air. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh pun dapat bekerja dengan optimal.

Cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi karena tubuh terus-menerus kehilangan cairan. Saat mengalami dehidrasi, fungsi tubuh tidak akan berjalan dengan baik. Dehidrasi dapat ditandai dengan beberapa gejala, seperti bibir kering, sakit kepala, pusing, rasa sangat lelah, hingga mual.

Tak hanya menyebabkan dehidrasi, kekurangan cairan tubuh juga dapat menimbulkan sebagai gangguan kesehatan lain, seperti masalah pada gigi dan mulut, konstipasi, dan kulit kering. Oleh karena itu, penting untuk selalu mencukupi asupan cairan setiap harinya agar tubuh selalu sehat.

Baca juga:

4 Cara Mudah Mendapatkan Bibir Merah nan Sehat

Perhatikan Hidrasi Tubuh saat Cuaca Panas
Cuaca terik bikin haus. (Foto: Unsplash/Vicko Mozara)

Selama kamu kekurangan cairan tubuh, sel, jaringan, dan organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Ada beberapa gangguan kesehatan yang muncunl akibat kekurangan cairan tubuh, pertama masalah gigi dan mulut. Kondsi ini menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam mullut menjadi tidak terkendali, yang selanjutnya dapat memicu infeksi.

Mulut kering akibat kekurangan cairan ini bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah pada gigi dan mulut, seperti radang gusi, gigi berlubang, karies gigi, dan sariawan.

Selain itu, penelitian menujukkan bahwa kurangnya asupan cairan dapat meningkatkan risiko terjadinya sembelit (konstipasi). Hal ini dikarenakan kekurangan cairan tubuh akan membuat tinja menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Agar tinja lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sekitar delapan gelas per hari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh selalu terhidrasi, teurtama ketika cuaca panas. Yang pertama, coba mengonsumsi makanan yang mengandung air. Kamu dapat mengonsumsi beragam sayur dan buah yang mengandung air untuk membuat tubuh tetap terhidrasi saat cuaca panas. Makanan yang baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah semangka, tomat, timun, selada, dan stroberi.

Baca juga:

Redakan Flu dengan Tubuh Selalu Terhidrasi

Perhatikan Hidrasi Tubuh saat Cuaca Panas
Semangka salah satu buah yang tinggi cairan. (Foto: Unsplash/Floh Maier)

Mencukupi asupan air minum setiap harinya sangatlah penting dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi, terutama saat cuaca panas. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, fungsi tubuh dapat berjalan normal. Dengan begitu, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, asupan air minum yang ideal untuk pria dewasa adalah sebanyak dua liter atau delapan gelas air per hari. Sementara pada perempuan dewasa, asupan air minum yang dianjurkan adalah sebanyak 1,8 liter atau sekitar tujuh gelas per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan air minum agar tubuh tetap terhidrasi, salah satu triknya adalah membawa air mineral botol ke mana pun kamu pergi. (and)

Baca juga:

Mengenal Bahaya Overhidrasi bagi Tubuh

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan