Kesehatan

Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sepatu

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 04 Agustus 2021
Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sepatu
Kenyamanan sepatu di kaki menjadi salah satu faktor memilih sepatu. (Foto: Pexels/cottonbro)

NYERI pada kaki adalah salah satu permasalahan yang dapat disebabkan berbagai faktor. Nyeri yang dirasakan pada kaki tak hanya disebabkan karena adanya situasi serius yang terjadi pada bagian tubuh itu. Seperti penambahan berat badan, masalah pada jantung, atau patah tulang.

Menurut laman wellandgood, pemilihan jenis sepatu yang kurang tepat juga dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya nyeri pada kaki. Sepatu yang kurang baik dapat membuat telapak kaki menjadi tidak nyaman. Jika ini dibiarkan dapat memunculkan peradangan.

Baca Juga:

Cukup Diinjak Belakangnya, Langsung Auto Keren Pakai Sepatu Ini

1. Nyeri

sepatu
Jangan terpaku pada model saja, kenyamanan harus diperhatikan. (Foto: Unsplash/Grailify)

Biasanya rasa nyeri pada bagian kaki disebabkan faktor sepatu yang kurang tepat. Ini terjadi karena saat menggunakan sepatu karena bagian kaki tidak didukung dengan posisi yang baik. Sehingga saat sepatu digunakan untuk berjalan, posisi kaki akan terus mengalami perubahan.

Dalam kondisi seperti ini, yang dibutuhkan adalah sepatu yang memiliki penyangga dengan lengkungan yang sesuai dengan bentuk kaki, agar dapat mengurangi bahkan tidak menimbulkan rasa sakit pada bagian kaki.

Flexible toe box, firm midsoles, dan rigid heel counter merupakan beberapa faktor yang perlu untuk dimiliki oleh sepatu yang akan kamu gunakan, terlebih pada sepatu olahraga. Sebab jika sepatu yang kamu gunakan memiliki tiga faktor tersebut, maka jari kaki kamu memiliki ruang yang baik. Sehingga kaki dapat bergerak dan menekuk secara bebas. Selain itu, secara khusus pada bagian tumit kaki lebih nyaman dan mendukung setiap langkah kaki.

Baca Juga:

Beda Bahan, Beda Pula Cara Membersihkan Sepatumu


2. Bagian midsole yang lebih tinggi

sepatu
Midsole lebih tinggi mencegah ketegangan pada kaki. (Foto: Unsplash/Oriol Pascual)


Sepatu olahraga yang dibuat dengan bahan yang ringan agar meningkatkan kenyamanan pengguna saat berjalan memang merupakan nilai tambah dari sebuah sepatu. Namun sepatu olahraga yang memiliki bagian midsole lebih tinggi juga merupakan salah satu faktor yang dapat kamu jadikan pertimbangkan. Sebab sepatu yang memiliki bagian midsole yang lebih tinggi dapat mencegah ketegangan pada bagian kaki saat sedang digunakan.

Midsole merupakan bagian tulang bagian yang berada di bagian bawah sepatu. Bagian ini merupakan bagian yang berpengaruh dalam memberikan kenyamanan pada kaki kamu.


3. Ukuran sepatu yang tepat

sepatu
Ukuran sepatu harus tepat (Foto: Unsplash/Barbora Polednova)


Selain bentuk penyangga bagian kaki yang kurang mendukung lekukan kaki, menggunakan sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil juga dapat menyebabkan nyeri pada kaki. Oleh karena itu saat memutuskan untuk membeli sepatu, kamu harus memilih ukuran yang memungkinkan kaki memiliki rongga yang lebih luas. Selain itu, sepatu dengan bahan yang fleksibel merupakan pilihan yang tepat. Sebab bahan fleksibel dapat menyesuaikan segala bentuk dan ukuran kaki pegguna. (cit)

Baca Juga:

Kapan Sepatu Lari Harus Diganti?

#Kesehatan #Sepatu
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan